APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Tangguh

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

30 April 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam rangka Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada tanggal 20 April, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita mengadakan kuliah umum dengan tema "Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Tangguh". Kegiatan yang diadakan pada tanggal 28 April 2021 ini berkolaborasi dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN-RI).

Dua narasumber dihadirkan dari masing-masing lembaga, yakni Dr. Firman Turmantara Endripraja, S.H., S.Sos, M.Hum. selaku Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN-RI, dan Ibu Elsie Oktivera, S.S., M.Si., dosen Customer Relationship Management di STARKI. Salah satu dosen STARKI lainnya juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini, yaitu Bapak F. A. Wisnu Wirawan, S.Pd., M.Si sebagai moderator.

Karena kegiatan ini diadakan di tengah situasi pandemi, kuliah umum ini dilaksanakan menggunakan media pertemuan daring Zoom, dan live streaming melalui aplikasi YouTube, sehingga tidak hanya mahasiswa STARKI saja yang bisa mengikuti kegiatan ini, namun juga memungkinkan untuk diikuti oleh kalangan umum di luar kampus STARKI.
Pada perkuliahan ini dipaparkan bagaimana sebagai konsumen khususnya konsumen perempuan untuk memiliki sikap yang bijak, kritis dalam melakukan transaksi pembelian. Konsumen memiliki peranan penting terhadap perekonomian bangsa. Oleh karena itu, perlu ada perlindungan dan peningkatan keberdayaan konsumen. Konsumen perlu memahami haknya. Konsumen perlu memahami Undang - Undang perlindungan konsumen dan mengetahui prosedur jika ada hak yang dilanggar oleh pelaku usaha.

Harapannya kuliah umum ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dan publik untuk lebih menngedepankan sikap kritis, bijak dan hati - hati ketika akan melakukan tindakan pembelian.