APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STARKI Goes to Philippines

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

23 November 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada 17 & 18 November 2023 lalu Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) menjadi Co-Host Partner di acara Communication Research International Conference 2023 dengan tema “MediAgenda: The Mediatization of Communication in Asia” yang diselenggarakan oleh University of the Philippines Diliman atau yang dikenal dengan sebutan UP Diliman. Keikutsertaan STARKI dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk dari perjanjian kerja sama antara STARKI dengan UP Diliman. Hadir sebagai delegasi dari STARKI Dr. Agustinus Rustanta dan Ibu Gabriella Novianti, M.Hum sebagai Kepala Bagian Kerjasama STARKI.

Pembicara utama dalam seminar ini adalah Professor Mirca Madianou, Ph.D. Beliau merupakan pakar di bidang mediatisasi yang mengajar di the Goldsmiths University di London. Materi yang dibawakan sangat menginspirasi para peneliti dan mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam hal media dan bagaimana perubahan masyarakat terjadi karena perubahan media. Selain pemaparan materi oleh Prof. Mirca, beberapa professor yang mengajar di berbagai universitas dari berbagai negara yang diundang  secara khusus sebagai university partners. Universitas tersebut adalah STARKI, Nanyang Technological University Singapore, National Taiwan Normal University, Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Multimedia Nusantara, National Chengchi University Taiwan, dan Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya. Presentasi yang dibawakan oleh para peserta juga membuka wawasan tentang hal-hal yang bisa dijadikan topik penelitian.

Event ini menjadi event yang sangat bergengsi untuk STARKI, karena STARKI dianggap setara dengan Universitas di Korea, Singapura, Thailand, Taiwan, Inggris, dan Universitas besar lainnya dari Indonesia yang juga hadir dalam acara tersebut. Event ini menjadi pembuka bagi STARKI untuk go internasional dan akan segera menyusul  kegiatan-kegiatan lain bersama mitra Kerjasama di luar negeri termasuk University Phillipines of Dilliman. Tak lupa, delegasi dari STARKI bertemu dengan mitra perguruan tinggi di Manila yaitu Miriam College (MC) yang dalam waktu dekat juga akan melaksanakan kegiatan sebagai ujud MoU yang telah ditandatangani oleh STARKI dan MC.

Semoga STARKI semakin dikenal di kancah internasional. Dengan mendapat jejaring baru, STARKI pasti akan lebih mudah dalam merealisasikan strategi untuk semakin go internasional dan semakin dikenal di dunia Pendidikan. Mabuhay.