APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

WORKSHOP Jurnalistik Championing Environmental Crime Reporting In Indonesia 2021-2023

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

31 March 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Jakarta, 21 Maret 2023 - Kabar Berita Radio (KBR) mempersembahkan workshop yang bertemakan tantangan kejahatan lingkungan yang diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2023 tepatnya di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat. acara yang berlangsung dari pukul 09.00 – 15.00 WIB ini dihadiri oleh lembaga pers mahasiswa dari berbagai universitas, lembaga pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga jurnalistik. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan awareness atas kejahatan lingkungan perairan yang dilakukan oleh para nelayan.

Dalam workshop ini mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi STARKI berkesempatan hadir untuk menjadi bagian dari undangan pers mahasiswa. Perwakilan Mahasiswi tersebut berasal dari tiga angkatan, yaitu Enjelita Ayu dan Angela Pramesti ( angkatan 2020 ), angkatan 2021 Maudy ( angkatan 2021 ), Kania ( angkatan 2022 )

Workshop ini mengangkat beberapa tema mengenai kejahatan lingkungan seperti penelitian tentang hiu dan pari, laut natuna dan terumbu karang, hutan mangrove dan hutan perempuan. Workshop ini sangat membantu penambahan wawasan para journalist untuk berani terjun langsung untuk menganalisa suatu isu sosial serta menginvestigasi isu yang tidak seharusnya ada.

Dalam acara ini akan mempertemukan enam jurnalis yang telah dinyatakan sebagai champion  oleh EJF, KBR dan TEMPO untuk melakukan investigasi lapangan bersama atas sejumlah kejahatan lingkungan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Kegiatan ini merupakan forum diseminasi pencapaian mereka, membahas teknik investigasi yang digunakan dan mengeksplorasi tantangan dan peluang di masa dean untuk membangun kapasitas jurnalis di Indonesia untuk melaporkan kejahatan lingkungan.

Bagi mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi STARKI kegiatan ini tentunya memberikan manfaat untuk menambah wawasan tentang jurnalistik dan menambah jaringan kerjasama dengan pihak jurnalis serta mahasiswa dari perguruan tinggi lain.