redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STIP Wuna Bersiap Beralih Status Jadi Universitas

avatar penulis

Anggi Maulinda

22 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

STIP Wuna Bersiap Beralih Status Jadi Universitas

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna Raha sedang mempersiapkan diri beralih status menjadi Universitas. Perubahan bentuk tersebut,  karena desakan dan tuntutan dari masyarakat.

Ketua  STIP Wuna Raha, Ir Alimin MSi, kepada Inipasti.com, Rabu (9/11) menjelaskan, guna mencukupi syarat mendirikan universitas, pihak kampus sudah menyusun proposal pembukaan enam prodi baru yakni; ilmu hukum, administrasi negara, manajemen, akuntansi, pendidikan fisika, pendikan bahasa Inggris, dan keperawatan.

Saat ini kampus membina empat prodi yakni; S1 Budi Daya Perairan, S1 Kehutanan, S1 Agribisnis, dan S1 Agroteknologi. Semua prodi itu telah mendapat akreditasi dari BAN-PT. “Kampus ini merupakan satu-satunya terakreditasi institusi di Pulau Raha,” tegas Dosen Diperbantukan Kopertis (DPK) di STIP Wuna ini.

Sejak kampus mulai beroperasi 1990, alumni yang dihasilkan mencapai tiga ribu orang termasuk diploma tiga. “Para alumni ini menyebar meniti karier di kantor pemerintah dan swasta di Pulau Raha dan sekitarnya,” tambah Magister Pertanian PPs-IPB ini.

Demi meningkatkan kualitas pembelajaran, pihak kampus mendorong para dosen untuk lanjut studi S3. “Para dosen studi lanjut di PPs-UNM, Unhas, IPB, UGM, dan Universitas Haluoleo,” tandas pria kelahiran Raha 1959 ini.

Alimin menambahkan, Tahun Akademik 2016, maba yang diterima mencapai 142 berasal dari alumni SLTA di Pulau Raha dan sekitarnya. Sesuai data terbaru di PDPT, keseluruhan mahasiswa yang dibina mencapai 630 orang.

Pihak kampus sedang merampungkan berkas administrasi untuk persiapan wisuda sarjana akhir tahun 2016. “Jumlah sarjana baru yang bakal diwisuda mencapai sekitar 47 orang,” kata Mantan Puket I STIP Wuna ini.

https://inipasti.com/stip-wuna-bersiap-beralih-status-jadi-universitas/