APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kepada Wisudawan STKIP Pasundan, Kang Hasan Titip Pendidikan Karakte

avatar penulis

Anggi Maulinda

20 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Kepada Wisudawan STKIP Pasundan, Kang Hasan Titip Pendidikan Karakte

Ketua Umum Perhimpunan Alumni Pendidikan Pasundan Indonesia (PAPPI), TB Hasanuddin memberikan motivasi kepada para wisudawan yang lulus dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, pada Wisuda Sarjana XXXIV dan Magister X STKIP Pasundan tahun akademik 2017-2018, di Hotel Harris, Kota Bandung, Selasa 8 Mei 2018. Pria yang juga pengurus Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan menyampaikan, kelulusan merupakan gerbang awal untuk berjuang meraih cita-cita.

Ilmu yang didapat selama proses belajar di perkuliahan merupakan bekal hidup di tengah masyarakat agar mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsanya. "Para sarjana harus memikirkan setelah lulus apa yang kita kerjakan, terus berkarya dan berjuang untuk NKRI agar lebih baik lagi," ungkap Kang Hasan, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 itu.

Dia juga meminta agar para sarjana Keguruan tersebut terus menanamkan nilai-nilai pendidikan berkarakter kepada seluruh generasi bangsa. Menurutnya, pendidikan berkarakter berperan penting, untuk mempertahankan identitas suatu bangsa, baik dari akhlak, kecerdasan intelektual, hingga budayanya.

"Sebagai lulusan STKIP, anda semua adalah calon guru masa depan yang menentukan nasib bangsa, maka pertahanankan pendidikan yang berkarakter, jangan sampai hilang," katanya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi. Dia menekankan agar para sarjana memiliki karakter yang pantang menyerah dan pemberani dalam menghadapi tantangan kedepan. Dengan persaingan global yang sangat kuat, sarjana juga harus mampu menjadi petarung dan mengalahkan para pesaingnya.

"Jangan jadi beban, tapi jadi solusi bagi setiap persoalan di masyarakat Jawa Barat dan masyarakat Indonesia," katanya.

Didi juga berharap lulusan Pasundan, memiliki kemandirian ekonomi melalui wirausaha. Menurutnya, dengan berwirausaha, mahasiswa tidak hanya memiliki ekonomi yang mandiri, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

"Sarjana juga harus memiliki budaya Bisnis, karena pintu rizki disitu banyak pintunya dan memiliki sifat efisien yakni jangan boros," kata Didi.

http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/05/08/kepada-wisudawan-stkip-pasundan-kang-hasan-titip-pendidikan-karakte-424018