redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Pelatihan Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint Bagi Tenaga Pendidik Jajaran RINDAM IV/Diponegoro Tahun 2018

avatar penulis

nurzubai ca

24 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

SLEMAN – Pelatihan membuat presentasi bagi tenaga pendidik jajaran RINDAM IV/Diponegoro dilaksanakan mulai hari selasa tanggal 10 Juli 2018 di Aula Achmad Yani RINDAM IV/Diponegoro yang dibuka oleh Komandan RINDAM IV/Diponegoro Kolonel Inf Amrin Ibrahim, S.I.P. turut hadir Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Yogyakarta yaitu Dr. Djoko Susilo, S.T., M.T. beserta para tim Pelatihan dari FTTI UNJANI Yogyakarta. Sebagai Komandan RINDAM IV/Diponegoro, beliau menyampaikan dalam sambutannya yang menekankan bahwa pentingnya penggunaan multimedia utk pengajaran khususnya bagi  guru militer yang belum memaksimalkan penggunaan alat presentasi dan sekali lagi menekankan agar para peserta pelatihan ber sungguh-sungguh dalam mengikuti materi pelatihan.

Foto: Rektor UNJANI Yogyakarta (Tengah) bersama Komandan RINDAM IV/Diponegoro di dampingi Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial Edhy Tri Cahyono, S.Si.,M.M.

Perlu diketahui bersama bahwa Resimen Induk Komando Daerah Militer IV/Diponegoro atau biasa orang umum sebut RINDAM IV/Diponegoro merupakan Komando pelaksana yang melakukan tugas menyelenggarakan pendidikan pertama untuk Bintara atau Tamtama, pendidikan pembentukan Bintara Reguler dan Pendidikan Spesialisasi (Dikspes) Bintara/Tamtama, menyelenggarakan dan memberikan pendampingan pelatihan di satuan dalam jajaran KODAM IV/Diponegoro. Selain melaksanan tugas tersebut RINDAM IV/Diponegoro juga sebagai Pengawas, Pengajar, pengembangan atau pengaturan daerah latihan di ruang lingkup wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta serta membantu para Pengajar untuk pembinaan satuan di dalam jajaran KODAM IV/Diponegoro.

Kegiatan pelatihan membuat presentasi bagi tenaga pendidik jajaran RINDAM IV/Diponegoro dilaksanakan atas dasar kebutuhan para tenaga pendidik di lingkungan RINDAM IV/Diponegoro untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas dalam penyajian presentasi ketika mengajar di lingkungan RINDAM IV/Diponegoro.

Kegiatan pelatihan hari pertama diberikan oleh Adkhan Sholeh, S.Si., M.Cs. dengan materi yang disampaikan yaitu “Pelatihan Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint” dihadapan sekitar 60 peserta pelatihan dari operator dan tenaga pendidik di lingkungan RINDAM IV/Diponegoro. Para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti setiap arahan dari instruktur pelatihan dan para peserta pelatihan diajak untuk langsung praktek membuat slide sebagai alat bantu dalam presentasi.

Chanief Budi Setiawan, S.T., M.Eng. memberikan arahan dalam pelatihan membuat presentasi di RINDAM IV/Diponegoro

Sedangkan kegiatan pelatihan hari kedua diberikan oleh Chanief Budi Setiawan, S.T., M.Eng. dengan materi yang disampaikan adalah “Pelatihan Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint” lanjutan dari hari pertama. Pada hari terakhir ini para peserta diwajibkan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh instruktur yang selanjutnya akan di nilai oleh tim penilai dari tim pelatihan Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi UNJANI Yogyakarta. Hasil penilaian dari tim penilai digunakan sebagai salah satu landasan dasar keputusan untuk menentukan 10 peserta pelatihan terbaik yang selanjutnya akan dikirimkan untuk menerima pelatihan lebih lanjut di UNJANI Yogyakarta.

Kegiatan diakhiri dengan melaksanakan upacara penutupan pelatihan membuat presentasi bagi tenaga pendidik jajaran RINDAM IV/Diponegoro rabu 11 Juli 2018 pukul 14.30 WIB di Aula Jenderal Achmad Yani RINDAM IV/Diponegoro yang dipimpin oleh Wadan RINDAM IV/Diponegoro yaitu Kolonel Surya Wibawa S. didampingi Dekan FTTI UNJANI Yogyakarta Arif Himawan, S.Kom., M.M., M.Eng. membacakan amanat dari Komandan RINDAM IV/Diponegoro diantaranya,