redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

PPM Manajemen Luncurkan Model Transformasi Organisasi

avatar penulis

nurzubai ca

16 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

PPM Manajemen meluncurkan Model Transformasi Organisasi yang didasarkan adanya kebutuhan organisasi untuk bertransformasi menjadi inovatif, bernilai, dan berkelanjutan. Tekanan-tekanan dari lingkungan eksternal membuat organisasi harus bisa cepat beradaptasi.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi perubahan-perubahan tersebut melalui transformasi organisasi” kata Bramantyo Djohanputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen saat peluncuran Model Transformasi Organisasi pada acara Seminar dan Apresiasi PPM 2017 di Jakarta, Rabu (23/8/2017). 

Bramantyo melanjutkan hingga saat ini belum ada literatur yang membahas mengenai model transformasi organisasi. “Model transformasi organisasi ini sudah dikaji dalam waktu yang cukup lama, guna meyakinkan kami bahwa model transformasi organisasi ini tepat diterapkan di organisasi” ujarnya. 

Dalam seminar tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Ignasius Jonan sebagai pembicara kunci berbagi pengalaman saat melakukan transformasi besar-besaran di tubuh PT KAI. Menurut Jonan dalam proses transformasi seorang pemimpin harus bisa memimpin dan mengkoordinasikan tim kerjanya untuk membawa perubahan. 

“Jangan pernah takut melakukan perubahan, karena kita bisa belajar dari kegagalan atau kesalahan yang dilakukan untuk melakukan perubahan yang lebih baik” katanya. 

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dalam sambutannya mengatakan pentingnya transformasi bagi organisasi dalam menghadapi perubahan yang diakibatkan faktor eksternal. Saat ini kita dihadapkan pada kondisi perekonomian global yang tidak pasti. Kondisi tersebut memengaruhi kinerja organisasi. 

“Para pemimpin organisasi harus bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, dan salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan bertransfomasi” kata Enggartiasto. 

 

Sementara itu, Direktur SDM PT Wijaya Karya (Persero), Novel Arsyad berbagi pengalaman dalam melakukan kegiatan operasi dan bisnis di Wijaya Karya dengan tetap mengedepankan kearifan lokal. Pembicara lainnya, Widyarso Roswinanto memaparkan hasil riset yang dilakukan tim Pusat Kajian Inovasi dan Kolaborasi PPM Manajemen dalam mengembangkan Model Transformasi Organisasi.