APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dukung LPBE, STPP Malang Kirim 220 Mahasiswa ke Lingga

avatar penulis

Anggi Maulinda

25 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dukung LPBE, STPP Malang Kirim 220 Mahasiswa ke Lingga

Untuk mendukung program pengembangan Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor (LPBE) di wilayah perbatasan, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang mengirim sedikitnya 220 orang mahasiswanya untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di wilayah Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Hal itu diungkapkan Ketua STPP Malang, Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si usai melakukan survey lokasi penempatan PKL mahasiswa di areal pencetakan sawah baru dan perkebunan Hijauan Pakan Ternak (HPT) di Desa Marok Tua, Kecamatan Singkep Barat dan Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Rabu (22/11/2017).

"Ini merupakan tindak lanjut MoU yang sudah ditandatangani antara STPP Malang dengan Bupati Lingga beberapa bulan yang lalu. Insya Allah, bulan Februari 2018, ada sekitar 220 orang mahasiswa STPP Malang yang PKL di Lingga," jelas Munifah.

Menurut dia, pengiriman 220 orang mahasiswa STPP Malang ke Lingga, merupakan salah satu bentuk komitmen STPP Malang untuk mewujudkan program Kementerian Pertanian menjadikan Lingga sebagai lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan.

"Mahasiswa yang akan PKL ke Lingga ini, sudah memiliki disiplin ilmu pertanian dan peternakan yang mumpuni. Jadi, mereka sudah siap pakai untuk mendukung program prioritas Bupati Lingga di bidang pertanian dan peternakan," katanya.

Ia berharap, kehadiran mahasiswa STPP Malang di Lingga dapat menjadi pemicu munculnya semangat baru bagi generasi muda Lingga dalam mengembangkan potensi pertanian dan peternakan yang belum tergarap secara maksimal.

"Pak Mentan (Menteri Pertanian) itu, inginnya anak muda jadi ujung tombak penggerak pertanian. Apalagi, posisi Lingga di wilayah perbatasan. Karena itu, kami putuskan kirim 220 orang mahasiswa STPP Malang PKL di Lingga," beber Munifah.

Bupati Lingga, Alias Wello menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dari STPP Malang untuk penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Lingga di bidang pertanian dan peternakan.

"Alhamdulillah, di saat orang lain pesimis menilai kami membangun pertanian Lingga, STPP Malang memberi suntikan energi baru. Ini membuat kami semakin bersemangat mewujudkan Lingga sebagai lumbung pangan di wilayah perbatasan," ucapnya.

Rencananya, mahasiswa STPP Malang sebanyak 220 orang itu, akan difokuskan melakukan pendampingan pengolahan lahan, penanaman dan pemupukan padi di lokasi sawah baru di Desa Resang dan Marok Kecil. Sisanya, diarahkan melakukan pendampingan pengolahan lahan, penanaman dan pemupukan HPT di Tanah Putih dan lainnya

http://www.tribunnews.com/regional/2017/11/22/dukung-lpbe-stpp-malang-kirim-220-mahasiswa-ke-lingga