redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

DIFUSI HASIL OLAHAN, TINGKATKAN KONSUMSI MAKAN IKAN MASYARAKAT

avatar penulis

nurzubai ca

21 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, merupakan salah satu upaya yang terus digalakkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng. Salah satu upaya dalam meningkatkan tingkat konsumsi makan ikan itu, dengan mengenalkan bentuk-bentuk inovasi baru olahan ikan.

 

Kasi Promosi dan Pemasaran Hasil Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, DR Moh Yasin Baculu MT, mengatakan pola hidup mengonsumsi ikan harus dimasyarakatkan. Hal tersebut karena ikan memiliki banyak gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan tidak ditemukan di sayuran maupun daging.

"Kita sengaja melakukan difusi inovasi masakan hasil laut agar menarik masyarakat lebih banyak dan lebih sering mengonsumsi ikan. Lewat menu masakan ikan yang bervariasi diharapkan masyarakat bisa menjadikan ikan sebagai gaya hidupnya sehingga meningkat angkat konsumsi ikan pertahun," katanya..

Di lingkup Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, dalam memotivasi masyarakat agar lebih kreatif dalam membuat inovasi menu, digelar difusi Lomba Inovasi Menu Masakan Hasil Laut Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatannya kata DR Yasin, dilaksanakan beberapa hari di beberapa tempat. Yakni di Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPL) Palu dan Politeknik Palu.

“Tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan awareness masyarakat akan masakan hasil laut nusantara. Juga untuk mengenalkan keanekaragaman masakan hasil laut,”katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Poltek Palu, menurut DR Yasin, juga dalam rangka menyosialisasikan hasil lomba inovasi menu masakan hasil laut yang telah dilaksanakan pada 26 Oktober yang lalu. Sosialisasi kata DR Yasin, dalam bentuk demo masak di hadapan para undangan.

“Kegiatan ini, juga sebagai persiapan kekutsertaan lomba Inovasi Menu Masakan Hasil Laut Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada 22 Nopember 2015 di Jakarta. oleh Pemenang I dan Pemenang II mewakili Provinsi Sulawesi Tengah,”ungkapnya.

Menurut DR Yasin, diharapakan hasil inovasi menu masakan, akan terus disosialisasikan ke masyarakat. Bentuknya, dengan pembuatan buku menu masakan, hingga dikutsertakan pada pameran pameran.

“Dengan cara ini pula, diharapkan hasil difusi ini, mampu dijadikan salah satu peluang usaha masyarakat, terutama dalam mengolah hasil laut,”tandasnya.