redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STIKes Bumi Persada Lhokseumawe Laksanakan PBL Mahasiswa

avatar penulis

Fikha Ardiani

17 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Lhokseumawe, haba RAKYAT

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bumi Persada Lhokseumawe untuk tahun akademik 2017/2018,  melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) bagi 30 mahasiswanya. Pelaksanaan PBL bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) S.1 Keperawatan dan D.III Kebidanan itu berlangsung mulai tanggal 23 Oktober s/d 18 November 2017, dengan lokasi praktek di tiga Gampong dalam Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara, yaitu Gampong Punti, Gampong Kayee Panyang dan Gampong Nibong, kata Ketua STIKes Bumi Persada Lhokseumawe, Rika Mursyida, S.SiT, M.Kes, Senin (23/10).

Pada acara penyerahan sekaligus pertemuan dengan Muspika dan Kepala Puskesmas Syamtalira Bayu, di Aula Kantor Camat setempat, Rika Mursyida menyampaikan juga bahwa PBL merupakan suatu moment bagi mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan dalam aplikasi kasusnya di komunitas, sehingga mereka akan tahu persoalan kesehatan masyarakat yang kemudian dapat mengambil langkah penanganan bersama masyarakat, kader kesehatan dan berkalaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya. Para mahasiswa dapat menjaga dan menghormati tata krama serta adat istiadat di wilayah PBL, menjaga kesopanan, bersikap dan berperilaku yang mulia demi nama baik almamater serta melaksanakan shalat secara berjamaah, harapnya.

Sementara itu, Camat Syamtalira Bayu, T. Bustamam, S.Sos yang diwakili Sekcam Abdul Hadi, S.Sos mengatakan, dengan senang hati menerima kehadiran para mahasiswa. Semoga dapat melaksanakan tugas dalam praktek ini dengan sebaik-baiknya, membantu program permerintah dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang berbagai penyakit menular, seperti demam berdarah dan Filiarasis atau kaki gajah.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Syamtalira Bayu, Iptu Zeska J meminta kepada ketiga Geusyik Gampong untuk dapat memberikan pengawasan selama mereka PBL. Kalau ada permasalahan yang perlu ditangani pihak kepolisian, segera dikabarkan atau lapor ke kami. Insya Allah, kami siap melayaninya, cetus Kapolsek. Jadilah kalian semua idola demi nama baik almamater, pinta Kapolsek kepada mahasiswa.

Ini merupakan suatu tugas baru tentunya. Apa yang di dapat di kampus hendaknya dapat diaplikasikan sesampai di lapangan dan ikuti aturan-aturan yang ada di desa. Berbagai ilmu yang dimiliki, dengan sungguh-sungguh dapat dipraktekkan serta pandai-pandailah bergaul dengan warga desa serta berikan pelayanan prima bagi yang membutuhkannya, ungkap Wakil Danramil Syamtalira Bayu, Pelda Ramdan. (Yoes/hR)

(www.habarakyatonline.com)