redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STIKES-KH : KUNJUNGAN ARRELANO UNIVERSITY PHILIPPHINES DI STIKES KARYA HUSADA SEMARANG

avatar penulis

nurzubai ca

24 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Stikes ksrya husada semarang menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di philiphina, diantaranya adalah arrellano university. Pada Jumat, 16 mei 2014, arrellano univercity philipina mengadakan kunjungan di stikes karya husada semarang.

Dalam kunjungannya dekan keparawatan arrelano univercity DR Remedios Lapidez Fernandez mengatakan di tempatnya sudah menggunakan kurikulum yg mengarah pada keilmuan amerika serikat, bahkan untuk ilmu keperawatan hanya ada satu jenjang saja yakni strata satu. Meski demikian sistem pembelajaran di indonesia dan philipina tdk berbeda jauh.
Ilmu keperawtan di tempat kami hanya ada bachelor degree bukan diploma, kami sudah meninggalkan kurikulum lama sejak 2008, dan menggunakan kurikulum baru yang mengarah pada pembelajaran amerika serikat, jelas remedios flm sambutannya di auditorium stikes karya husada semarang. Pembelajaran dalam ilmu kesehatan di philiphina lanjut remedioz, lebih mengandalkan pada praktek daripada teori. Keperawatan merupakan ilmu yang mengharuskan memiliki keahlian dan ketrampilan tinggi untuk merawat.

Ketua stikes karya husada semarang Fery Agusman Motuho Mendrofa , SKM, M.Kep, Sp.Kom menyampaikan bahwa kunjungan balasan dari arellano university ini sangat diminati para mahasiswa. Kedepan kedua belah pihak menginginkan akan ada kerjasama lebih lanjut .

Kita merencanakan akan ada joint riset dan pertukaran mahasiswa, kami jg menginginkan ada joint degree antar institusi dan semoga terwujud dintahun 2015, jelas ketua stikes usai mengisi acara.
Joint degree yakni pelaksanaan studi 4 semester di stikes karya husada dan 4 semester bisa dilanjutkan di arrelano univercity. Stikes karya husada semarang masih melakukan penyesuaian kurikulum karena membutuhkan waktu dalam mewujudkannya.

Penyesuaian kurikulum indonesia dengan philipina . Mereka sekarang pakai kurikulum amerika, kita mencoba mengasimilasi semua karna persiapan dosen, modul bahasa inggris dan lainnya membutuhkan waktu yg panjang, demikian yang disampaikan ketua stikes karya husada semarang