redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

139 Mahasiswa STKIP Labuhanbatu Laksanakan PPL dan KKN

avatar penulis

nurzubai ca

24 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebanyak 139 orang maha­siswa dari Sekolah Tinggi Ke­guruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Labuhan­batu di ba­wah Yayasan Universitas La­buhanbatu (Y-ULB) melaksa­nakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2014/2015.

Kegiatan PPL & KKN ini, dilak­sana­kan mahasiswa semester VII dari tiga program studi yakni, pendi­dikan PKN, pendidikan biologi, dan pen­didikan matematika. Kegiatan ini, merupakan amanat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pengabdian masyarakat.

Bentuk pengabdian kepa­da masya­rakat ini, dilakukan mahasiswa dengan mengajar di beberapa sekolah SLTA yang ada di wilayah Labuhan­batu, Labuhanbatu Selatan dan Labuhan­batu Utara. Ma­hasiswa juga melaku­kan kegiatan di beberapa desa yang ada di wilayah Labuhan­batu Raya.

Dalam pelaksanaan PPL dan KKN ini, mahasiswa me­lakukan interaksi dengan ma­syarakat dan aktif melaksa­nakan berbagai kegiatan yang bersifat positif terhadap ma­syarakat desa, antara lain, gotong royong, bakti sosial, kegiatan keagamaan, penyu­luhan pendidikan, dan seba­gainya.

Khairul Fahmi Lubis, (Pu­ket III STKIP Labuhanbatu Bidang Kemaha­siswaan dan Alumni) dalam ketera­ngan persnya yang diterima Ana­lisa, Senin (12/1) mengatakan, melalui kegiatan PPL dan KKN yang dilaksa­nakan ter­integrasi agar maha­sis­wa mampu untuk mengaplikasi­kan ilmu pengetahuan yang selama ini dipe­roleh di Kam­pus kepada masyarakat.

“Kepada mahasiswa STKIP Labu­han­batu harus mampu sebagai Agent of Change (pelaku perubahan) di tengah-tengah masyarakat dengan menciptakan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Fah­mi.

Marlina Siregar (Puket I STKIP Labu­hanbatu Bidang Akademik) me­nga­takan, dalam melaksanakan kegia­tan PPL dan KKN ini, maha­siswa STKIP Labuhanbatu diharap­kan dapat menjaga nama baik alma­mater di tengah-tengah masyarakat, sehingga keper­cayaan masyarakat Labuhan­batu Raya terhadap STKIP Labuhan­batu tetap terbina dan terbangun.

Sakinah Ubudiyah Siregar (Ketua STKIP Labuhanbatu) mengatakan, kegiatan PPL dan KKN terintegrasi ini di­laksanakan selama 1 bulan mulai 8 Januari-8 Februari 2015, dan ber­harap kegiatan PPL dan KKN ini mendapat dukungan dari Stake Hol­ders yang ada di Labuhanbatu Raya.

Lokasi PPL dan KKN ter­integrasi ini antara lain, SMA N 1 NA IX –X , Kecamatan NA IX-X, Labura, lokasi KKN di Desa Aek Kota Batu. SMA N 1 Marbau, Kecamatan Marbau, Labura, lokasi KKN di Desa Aek Tapa. SMA N 1 Kota Pinang, Kecamatan Kota Pinang, Labusel, lokasi KKN di Desa Perjuangan. SMA Swasta HAS Sepakat, Keca­matan Bilah Hilir, Labuhan­batu, lokasi KKN di Desa Aek Tampang. SMK Swasta Sum­ber Mulyo, Kecamatan Mar­bau, Labura, lokasi KKN di Dusun III Sido Makmur, Desa Sumber Mulyo.

 SMA N 2 Bilah Hulu, Kecamatan Bilah Hulu, Labu­hanbatu, lokasi KKN di Desa Pematang Seleng. SMA N 1 Bilah Hulu, Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu, lokasi KKN di Desa N 6. SMA N 1 Silangkitang, Kecamatan Silangkitang, Labusel, lokasi KKN di Desa Aek Goti. MAS Pondok Pesan­tren Irsyadus Islamiah, Kecamatan Kam­pung Rakyat, Labusel, lokasi KKN di Desa Tanjung Medan. MAS Nurul Iman, Kecamatan Bilah Barat, Labuhanbatu, lokasi KKN di Desa Suka Ramai. SMA N 1 Bilah Barat, Kecamatan Bilah Barat, Labu­hanbatu, lokasi KKN di Desa Aek Tolang.