redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Jemput Hari Jadi Dan Bulan Bahasa, STKIP PGRI Ponorogo Lakukan Rapat Kerja

avatar penulis

Sapta Arif

5 April 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Ponorogo melangkah lebih cepat dalam rapat kerja Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) untuk satu tahun ke depan. Kemarin, (20/3), para dosen dan karyawan kampus pelopor literasi ini melakukan diskusi rancangan program kerja (proker), yang kemudian lanjut pada Senin (28/3). Ketua STKIP PGRI Ponorogo, Sutejo, mengungkapkan penyusunan proker menjadi acuan setiap unit kerja dalam memetakan program kegiatan. Pemetaan ini mengacu pada prinsip dasar kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan maupun akan dilakukan hingga belum.

Dalam sambutannya, lelaki juru tulis ini mengingatkan, penyusunan proker bertujuan mengembangkan kredibilitas perguruan tinggi. Semua kegiatan yang akan diselenggarakan tidak melepaskan identitas ‘literasi’ sebagai branding kampus. Melalui sambutan itulah menjadi titik perhatian penyusunan proker. Para dosen dan karyawan, didampingi Ahmad Nur Ismail, selaku dosen muda STKIP PGRI Ponorogo semangat menyusun rancangan proker sesuai template yang disusun ketua dan wakilnya.

Berlokasi di gedung Graha Saraswati, Ismail, dosen berdomisili Jombang melakukan pendampingan secara khusus. Pihaknya menyampaikan, setiap UPT diwajibkan menyusun kegiatan yang mengorientasikan pada pengembangan SDM dosen dan karyawan. UPT itu sendiri bergerak sebagai fasilitator tiap-tiap program studi (prodi).

“Masing-masing tim membuat perencanaan kegiatan sesuai dengan prodi yang diampu. Dari ragam kegiatan dikategorikan akademik dan non-akademik. Kami juga mengorientasikan setiap kegiatan ada luarannya, seperti berita, penulisan artikel maupun lainnya,” terang Ismail.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan setiap penyusunan kegiatan setidaknya dilengkapi target kegiatan, indikator capaian, waktu pelaksanaan, pihak yang terlibat, penanggung jawab, sumber anggaran, jumlah anggaran. Tujuannya, supaya persiapan sekaligus penjemputan kegiatan dapat terlaksana dengan maksimal dan matang. Harapnya, semua program kerja yang telah dirancang setiap prodi dapat dilaksanakan tepat waktu.

Cutiana Indri Asturi, selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama timnya telah menyusun ragam proker. Seminar Kebahasaan adalah kegiatan akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang. Beriringan seminar tersebut, juga dilaksanakan dilakukan beberapa kegiatan, seperti perlombaan yang mencangkup internal maupun eksternal.

“Kami akan bekerja sama dengan mahasiswa, juga sekolah-sekolah luar untuk meramaikan bulan Bahasa. Salah satunya, lomba kategori siswa SMA, misalnya cipta puisi dan menulis cerpen,” terang dosen berkacamata itu.

Selain itu, datang program kerja dari prodi Pendidikan Bahasa Jawa (PBJ). Fitriana Kartika, Kaprodi PBJ, juga mengungkapkan setiap prodi akan mengolaborasikan meramaikan seminar tersebut. Kolaborasi ini dimunculkan adanya perlombaan-perlombaan dari masing-masing prodi. Namun, dari setiap prodi memiliki keunggulan atau keunikan masing-masing. Salah satunya, pada prodi PBJ akan mengadakan perlombaan bertema budaya.

Ratri Harida, dalam kesempatan yang sama turut berkomentar. Pihaknya sebagai Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris tentu tidak mau kalah dengan prodi-prodi lainnya. Ratri membocorkan beberapa perlombaan yang akan diselengarakan, seperti poem reciting, short story writing, dan speech. Sementara itu, dari prodi Pendidikan Anak Usia Dini, seperti perlombaan pentas mendongeng, pentas tari, dan lain-lainnya.

“Kami mengadakan pula seminar nasional lintas prodi di bulan Mei. Yakni, bertepatan hari jadi STKIP dengan mengusung tema Integrasi Budaya, Bahasa, dan Pembelajaran Menuju Indonesia Emas 2045,” ungkap Rohmad Arkam, selaku Kaprodi PAUD.

Perancangan dan penyusunan program kerja setahun ke depan berjalan lancar. Setiap prodi membangun komunikasi dalam bentuk kerja sama lintas prodi. Selanjutnya, setiap prodi pula akan mematangkan ragam kegiatan sebagai ciri khas masing-masing. Akhirnya, mengutip sambutan Sutejo, puncak dari pencapaian kegiatan diharapkan selaras dengan visi-misi kampus STKIP PGRI Ponorogo.

PewartaSuci Ayu Latifah_Humas