redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

BNNP Bekali Mahasiswa Universitas 45 Surabaya Bahaya Narkoba

avatar penulis

Anggi Maulinda

19 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

BNNP Bekali Mahasiswa Universitas 45 Surabaya Bahaya Narkoba

Ratusan Mahasiswa baru Universitas 45 yang sedang mengikuti ospek, mendapatkan sosialisasi dari Badan Narkotika Nasional Provinsi(BNNP) Jatim terkait dengan bahaya narkoba.

Dengan tema P4GN di Lingkungan Pendidikan Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Bersih Narkotika,para mahasiswa baru tersebut  antusias menyimak paparan dari  Kasi Peran Serta Masyarakat Eko Prastowo. "Sebagai generasi penerus bangsa,maka sudah seharusnya jika memahami bahaya narkoba sehingga dapat berperan aktif dalam memerangi narkoba,"ujar Eko Prastowo,Minggu(14/9/2014).

Eko menambahkan,saat ini Indonesia sedang berproses menuju Zero narkoba,sehingga di perlukan kesadaran dan peran serta bersama semua komponen bangsa,agar Indonesia bisa bebas narkoba.

Hal senada juga disampaikan oleh Nara sumber Muh. Arifin yang menjelaskan bahwa narkoba akan menbawa sengsara dunia dan akherat. "Moderen itu bukan pecandu narkoba,tetapi bebas dari narkobauntuk mengapai prestasi,"ujarnya.

Dalam kesempatan ini,sekitar 65 mahasiwa baru itu juga melakukan tes urine sebagai bentuk komitmen untuk bersama-sama melawan narkoba.

Sementara itu berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 oleh Badan Narkotika Nasional bekerja sama dengan Universitas Indonesia, prevalensi penyalahguna narkotika penduduk Indonesiasebesar 2,21 % dan apabila tidak dilakukan upaya-upaya yang maksimal dan terpadu dalam penanganannya, maka pada tahun 2015 diproyeksikan akan naik menjadi 2,8 % atau sekitar 5,1 juta  sampai  dengan 5,6 juta jiwa. 

Sedangkan jumlah penduduk Provinsi Jawa Timur pada tahun 2013 berjumlah 38.318.791 jiwa, maka dengan prevalensi 1,9%  berarti ada sebanyak 728.057 jiwa penduduk Jawa Timur yang diperkirakan sebagai pengguna narkotika, terutama usia sekolah ( Usia antara 15 - 25 tahun). 

Perkembangan  kasus  narkotika secara keseluruhan di Indonesia semakin tahun juga semakin meningkat baik secara kwalitas maupun kwantitas, dengan jumlah tersangka yang juga semakin meningkat pula.[ted]

http://www.beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/218024/bnnp_bekali_mahasiswa_universitas_45_surabaya_bahaya_narkoba.html