APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Satlantas Polres Bantul Adakan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas di UAD

avatar penulis

Kartika Putri

17 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada Selasa, 14 Mei 2024, Kepolisian Resor (Polres) Bantul menyelenggarakan sosialisasi tertib berlalu lintas di Gedung Aula Islamic Center (IC) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD Ariadi Nugraha, S.Pd., M.Pd. bersama dengan Kanit Kamsel Satlantas Polres Bantul, Ipda Bekti Budi Riyanto, S.H.

Ipda Bekti menyatakan bahwa posisi UAD sangat persis di depan jalan Ringroad Selatan, yang mana angka kecelakaan sangat tinggi di sana. “Kampus UAD ini tepat persisi di depan jalan besar provinsi di Ringroad. Nah, ini, angka kecelakaannya sangat tinggi di sini, di Kabupaten Bantul ini.’’

Ia juga menyampaikan agar mahasiswa dan rekan-rekan yang tinggalnya berada di selatan jalan Ringroad untuk berhati-hati dan lebih baik memilih jalan memutar lebih aman karena sebuah kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran. Tidak hanya pelanggaran, faktor-faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah kondisi kendaraan yang tidak baik, tidak sesuai peruntukan, ban pecah, bahan bakar habis, dan rem blong.

Adapun kondisi jalan yang tidak baik seperti rusak dan licin menyebabkan angka kemungkinan kecelakaan semakin tinggi. Kondisi cuaca seperti berkabut, hujan, dan longsor juga membahayakan bagi para pengendara. Jadi, keamanan berlalu lintas dapat ditentukan dari beberapa aspek seperti tertibnya berkendara, kondisi kendaraan, kondisi jalan, dan kondisi cuaca.

Terkhusus untuk keamanan berkendara tidak akan didapat apabila pengendara tidak melengkapi pelindung diri dengan memakai helm, ini yang sering luput diperhatikan bagi para pengguna motor. Begitu juga dengan memiliki dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Demikian isi dari sosialisasi tertib berkendara bersama Polres Bantul.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan tertib berlalu lintas dan memberikan rasa aman pada diri sendiri maupun pengendara lainnya. (bgs)

 

Sumber: Berita Terkini UAD