APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tingkatkan Kualitas Berita, FKIP UAD Gelar Pelatihan Kontributor Berita dan Admin Web

avatar penulis

Kartika Putri

22 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan berita dan pengelolaan situs web, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan bagi admin situs web dan kontributor berita. Pelatihan ini dilaksanakan pada 17 Mei 2024 di Laboratorium Pendidikan Bahasa Inggris UAD.

Materi dalam pelatihan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu materi mengenai kepenulisan yang disampaikan oleh Ardy Priyantoko, S.Pd. dari UAD News dan materi mengenai Search Engine Optimization (SEO) disampaikan oleh Januar Adam Prasetya, S.Pd. yang merupakan Staf Humas FKIP UAD.

Tidak hanya menyampaikan materi tentang penulisan straight news yang sesuai kaidah dan elemen-elemen apa yang harus tercantum dalam sebuah berita, Ardy Priyantoko juga membagikan tips dan trik dalam melakukan liputan bagi reporter. Tak ketinggalan, ia pun menjelaskan seputar penyuntingan naskah. Sementara itu, materi yang disampaikan oleh Januar Adam Prasetya lebih banyak membahas mengenai pentingnya artikel yang SEO friendly bagi sebuah situs web.

Kedua pemateri sangat kompak mengimbau bagi semua kontributor berita untuk turut memajukan UAD melalui artikel dan pemberitaan yang positif, kredibel, dan aktual di media cetak maupun media daring.

“Kami berharap setelah ini teman-teman kontributor berita dapat meningkatkan kualitas pemberitaan, baik dari struktur bahasa maupun jenis konten yang akan ditampilkan di web masing-masing program studi (prodi),” tutur Kepala Humas FKIP UAD, Syariful Fahmi, S.Pd.I, M.Pd. dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan tersebut mendapat antusiasme tinggi dari para peserta yang terdiri atas dosen, tenaga pendidik, dan student employee (SE) dari masing-masing program studi di FKIP. Peserta juga aktif bertanya dan berdiskusi seputar penulisan berita dan SEO kepada pemateri dan sesama peserta. 

Sumber : https://news.uad.ac.id/tingkatkan-kualitas-berita-fkip-uad-gelar-pelatihan-kontributor-berita-dan-admin-web/