APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Terobosan Mahasiswa UNAIR untuk Bibir Indah dan Sehat dengan Lipcard

avatar penulis

ifaroh ifaroh

12 June 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Empat mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dari Fakultas Sains dan Teknologi berkolaborasi membuat inovasi lipstik yang berbentuk kartu (Lipcard) dari ekstrak buah bit. Lipcard merupakan salah satu proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berhasil mewakili Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai PKM yang didanai Kemristek Dikti (Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi) di bidang Kewirausahaan. Dalam praktiknya, lipstik berbentuk kartu itu diberi nama Funtastis Lipcard.

Pencipta lipstik berbentuk kartu atau lipcard itu adalah Eka Putri Armadani, Nurul Istikhomah, Erlyn Narishki, dan Salsa Bila Novita Sari. Ketiganya, dibimbing oleh Dr. Mohammad Imam Utoyo, M.Si.

Menurut Eka selaku ketua tim, lipcard tersebut mengandung ekstrak buah bit yang berfungsi menjadi zat warna yang dapat dimanfaatkan untuk pewarna lipstik. Pada buah bit, jelasnya, terdapat betasianin yang merupakan pigmen merah bit yang tersusun oleh dua senyawa pigmen yaitu betasianin berwarna ungu kemerahan dan betaxanthin berwarna kekuningan.

“Betasianin bersifat larut air, kaya akan nitrogen dan menghasilkan warna kemerahan sehingga potensial dijadikan sebagai pewarna alami,” imbuhnya.

Ide membuat lipcard itu, lanjutnya, dikarenakan lipcard dapat digunakan sebagai alternatif cara berdandan praktis dalam waktu singkat. Terlebih untuk wanita yang sibuk dan kurang memiliki waktu luang.

Tidak hanya Eka, Salsa salah satu anggota tim juga mengatakan bahwa, selain dapat digunakan sebagai alternatif cara berdandan praktis dalam waktu singkat untuk wanita yang sibuk dan kurang memiliki waktu luang, lipcard diharapkan bisa bermanfaat bagi banyak orang serta bisa menciptakan lapangan kerja baru.

“Hal ini ke depan kami harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. “Untuk saat ini, fokus pemasaran melalui media online dan offline, juga harga yang ia pasarkan cukup murah hanya Rp 25.000,” imbuhnya.

Pada akhir, ia juga mengatakan bahwa selain harga yang terjangkau, Funtastis Lipcard juga menawarkan tiga varian dalam satu kemasan. Sehingga, lanjutnya, konsumen bisa menyesuaikan warna lipstik dengan warna kulit mereka.

“Funtastis Lipcard merupakan terobosan terbaru dalam dunia kosmetik dan juga mudah dalam penggunaannya, terbuat dari bahan-bahan alami, serta tidak mengandung pengawet,” pungkasnya.

 

source: http://news.unair.ac.id