APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Peternakan UNAND Panen Perdana Jagung Pakan Program MBKM AAP

avatar penulis

Kartika Putri

14 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas panen perdana jagung pakan merdeka belajar Agripreneur Accelaration Program (AAP) 1 secara langsung oleh Wakil Rektor II dan Sekjen Charoen Pokphand Foundation di Lahan Jagung Edufarm pada Selasa (6/2). 

Panen ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam program magang AAP yang bekerja sama dengan Charoen Pokphand dan BISI, diikuti oleh 22 orang mahasiswa peternakan angkatan aktif 2020.  

Kerja sama Fakultas Peternakan dengan PT Charoen Pokphand sudah lama terjalin, yaitu dimulai dengan pembangunan Close HouseClose House ini sendiri terbuka untuk mahasiswa peternakan yang ingin melakukan magang, serta dibermanfaatkan untuk seluruh civitas akademika di Indonesia. 

Dekan Fakultas Peternakan, Dr. Adrizal, M. Si berharap program ini dapat memicu jiwa wirausaha mahasiswa dalam bidang pertanian jagung. “Hal ini didukung dengan kondisi jagung yang tidak boleh diimpor dan sekitar 50% pakan saat ini juga berasal dari jagung sehingga dengan fakta ini peluang bisnis jagung sangat menjanjikan baik itu untuk mahasiswa dan begitu juga petani jagung,” sambungnya. 

Selain itu, ia juga berharap program ini dapat diberlakukan di Fakultas Teknologi Pertanian untuk melakukan bisnis jagung yang pada akhirnya dapat berswasembada di Universitas Andalas.   

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Wakil Rektor II Dr. Khairul Fahmi, SH, MH dan berharap lebih banyak mahasiswa yang terlibat ke depannya serta menjadi tempat belajar bagi mahasiswa tersebut.  

Ditambahkannya, program ini juga sesuai dengan program dari Kementerian yang tidak hanya berdampak pada mahasiswa tapi juga universitas. “Pembinaan terus-menerus terkait wirausaha perlu terus dilakukan yang akan kita andalkan di masa depan,” ujarnya. 

Dari pihak Charoen Pokphand sendiri berharap program yang telah berjalan di Universitas Andalas dapat menjadi contoh untuk Perguruan Tinggi lainnya yang akan mengikuti program AAP.  

Kegiatan panen ini ditutup dengan penandatanganan pembaharuan MoU antara Universitas Andalas dan Charoen Pokphand Foundation.

Sumber : Humas, Protokoler, dan Layanan Informasi Publik Universitas Andalas