redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Unand Gandeng Bank Mandiri Terapkan E-Payment Multibank

avatar penulis

Azrul Prayoga

20 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pihak dari Bank Mandiri yang meghadiri acara tersebut adalah Sri Dono Indarto (Kepala Bank Mandiri Sumbar), Arief Budiman (Area Transaction & Funding Manager), Anggi Lolita (RM Goverment & Intitution Group), Angga Umbara (Kepala Kantor Kas Mandiri Unand), Nawang Vardaya (Transaction Retail Banking Group), Ade Pratiwi (Transaction Banking Wholesale Group), Flory (Transaction Banking Wholesale Group). Pertemuan ini diadakan di Ruang Sidang pimpinan lt. 4 Gedung Rektorat Universitas Andalas, Kampus Limau Manis Padang pada kamis (13/2).

Sri Dono Indarto menjelaskan bahwa Mandiri Multibank Payment ini terdiri dari 4 skema yaitu; MCM (Mandiri Cash Management), MCM Auto Insert, Host to Host Payment dimana UGM, UNAIR dan UNPAD sudah menggunakan skema tersebut, terakhir adalah skema MIA (Mandiri Internet Acquiring).

“Nanti kita akan melihat skema yang dipakai universitas lain sehinggga kita bisa memilih skema mana yang lebih cocok untuk digunakan Unand” ungkap WR II Unand, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB(K)Onk.

Melalui Mandiri Multibank Payment ini diharapkan mampu meningkatkan layanan dan akuntabilitas pengelolaan data registrasi mahasiswa. Adapun keuntungan yang didapatkan mahasiswa dari sistem ini adalah; 1) kemudahan melakukan pembayaran melalui website universitas (e-commerce) dimana transaksi dapat dilakukan melalui berbagai channel bank seperti atm, internet banking, dan channel payment seperti kartu kredit dan debit online. 2) Adanya integrasi antara sistem pembayaran dengan sistem akademik (SIA), 3) Adanya sistem reminder kepada mahasiswa terkait periode/batas waktu pembayaran, 4) Kemudahan transaksi keuangan secara cashless (tap card/e-wallet/barcode) contohnya jika mahasiswa ingin melakukan pembayaran parkir, kantin, dan perpustakaan cukup menggunakan tap card ataupun barcode.

Selain itu, sistem ini juga sangat berguna untuk dosen di lingkungan Unand seperti ketepatan waktu penyaluran dana penelitian dan real time monitoring penyaluran dan penggunaan dana penelitian melalui Dashboard.

Secara keseluruhan sistem ini memberikan kemudahan pengelolaan data dan keuangan di Unand seperti kemudahan dalam identifikasi mahasiswa yang telah melakukan pembayaran, kemudahan dalam pelaporan, kemudahan pengelolaan manajemen keuangan Unand, menciptakan cashless society di lingkungan Unand, baik dari sisi rektorat, fakultas, unit usaha, dan mahasiswa.

WR II Unand berharap semoga Unand dan Bank Mandiri bisa bekerjasama dalam peningkatan pelayanan untuk civitas akademika Unand.

(unand.ac.id)