redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Universitas Boyolali Lakukan Digitalisasi Desa

avatar penulis

Anggi Maulinda

26 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Universitas Boyolali Lakukan Digitalisasi Desa

Mahasiswa Universitas Boyolali (UBY) berencana melakukan digitalisasi terhadap sejumlah desa di Kecamatan Selo, Boyolali. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda Kuliah Kerja Nyata (KKN) para mahasiswa selama sebulan ke depan.

Rektor UBY Dr Irnawan Darori mengatakan, KKN dan digitalisasi desa merupakan bagian dari implementasi tri dharma perguruan tinggi.

"Dengan website yang dibuat tim dari UBY, desa-desa bisa mempublikasikan potensi-potensi yang dimiliki. Seperti potensi alam, potensi wisata, potensi UMKM, dan potensi lainnya, agar dikenal masyarakat luas. Setidaknya butuh waktu selama sebulan untuk proses digitalisasi desa itu," paparnya dalam siaran pers kepada media.

Mahasiswa yang akan melakukan KKN berjumlah 108 mahasiswa dari berbagai program studi. Di antaranya Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik Informatika, Pertanian, dan Peternakan. Setiap kelompok mahasiswa di tiap desa didampingi dosen pembimbing lapangan.

Ada pun desa yang menjadi tujuan KKN adalah Desa Selo, Tlogo Lele, Jrakah, Klakah, Jeruk, Lencoh, Duroteleng, Senden, Tarubatang, dan Samiran.

Darori berharap agar mahasiswa dapat melaksanakan KKN sebaik-baiknya dan menjunjung tinggi nama baik almamater selama sebulan mengikuti KKN.

"Tujuan KKN ini adalah untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa dalam bermasyarakat, melatih kerja tim atau team work, serta menanamkan kepribadian, dan kemandirian," ujar Burham Pranawa, Ketua Pelaksana KKN UBY.

Sementara itu, Camat Selo, Jarot Purnomo menyambut baik agenda KKN mahasiswa UBY tersebut. Pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa memberi manfaat terhadap kemajuan masyarakat Selo khususnya, dan masyarakat Boyolali pada umumnya.

http://www.solotrust.com/read/3420/Pengabdian-Masyarakat-Mahasiswa-Universitas-Boyolali-Lakukan-Digitalisasi-Desa