redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dosen Elektro UB Ajarkan Panen Energi di India

avatar penulis

Azrul Prayoga

19 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Teknik UB terus mempererat kerjasama dengan luar negeri. Kali ini salah satu dosen Teknik Elektro, Rudy Yuwono, ST., MSc menerima undangan dari Avinashilingam Institute for Home Science and Higher Education for Women, Coimbatore, Tamil Nadu, India pada 9-10 Januari 2020.

Di universitas khusus perempuan ini Rudy menjadi pemateri di dua fakultas, School of Engineering dan Department of Computer Science School of Physical Sciences & Computational Sciences.

Di depan puluhan mahasiswa S1, S2, dan S3, Rudy memberikan materi terkait penelitianya tentang Energy Harvesting using RECTENNA. Penelitian ini ia kerjakan bersama dua rekannya Ir. Endah Budi Purnomowati, MT (dosen Teknik Elektro UB) dan Aisah, ST. MT (Dosen Elektro Telekomunikasi Polinema).

RECTENNA, atau Rectifier Antenna sendiri merupakan alat untuk mengubah gelombang elektro magnetik yang ada di udara menjadi listrik AC lalu kemudian diubah menjadi DC menggunakan rectifier.

“Diubah menjadi DC agar mudah disimpan ke baterai, jadi kita bisa mudah memanen listrik dari udara,” ujar pakar antenna ini.

Yang menarik, lanjut Rudy, seluruh pesertanya adalah wanita dan seluruhnya memakai baju tradisional India. Meskipun materi yang disampaikan cukup rumit, ia kagum melihat mahasiswi itu dengan bangganya memakai pakaian tradisional mereka di zaman modern ini dan mempelajari materi dengan sepenuh hati.

“Karena women university, otomatis cewek semua dan institute ini mempelajari home science, yang saya kagum itu adalah semangat belajar mereka yang tinggi, apalagi ke kampus harus memakai sari,” ujarnya berbinar-binar.

Kegiatan ini bukan tanpa alasan. UB telah memiliki kerjasama dengan Avinashilingam Institute. Utamanya kolaborasi di bidang pendidikan.

“Tahun 2017 dulu ada dosen dari Biologi ngajar disana juga, tahun ini saya. Karena kita (UB) sudah ada MoU dengan Avinashilingam semoga nantinya tidak hanya kolaborasi di bidang pendidikan, penelitian mungkin, atau kerjasama yang lebih luas lagi,” harapnya.

(ub.ac.id)