APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Enam Bidang Ilmu UB Masuk Pemeringkatan Dunia QS WUR

avatar penulis

Kartika Putri

25 April 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi QS World University Rankings (WUR) merilis daftar perguruan tinggi paling unggul berdasarkan kelompok bidang ilmu atau by Subject 2024.

Kepala UPT Reputasi UB Adharul Muttaqien mengatakan, pada periode tahun 2024 Universitas Brawijaya (UB) mengalami peningkatan jumlah bidang keilmuan yang masuk pemeringkatan dibanding periode tahun 2023 yang hanya ada tiga bidang ilmu.

Dosen FT tersebut mengatakan, pada periode 2024 capaian QS WUR by Subject UB menjadi lima bidang ilmu spesifik (Specific Subject) dan satu bidang ilmu yang luas (Broad Subject).

“Accounting and Finance peringkat 301-350, Agriculture and Forestly peringkat 301-350, Law and Legal Studies peringkat 301-350, Business and Management Studies peringkat 451-500, Economics and Econometrics peringkat 451-500. Sedangkan satu bidang ilmu luas adalah Social Science and Management di peringkat 501-550,” katanya.

Adharul menambahkan, ada beberapa indikator yang dilibatkan dalam penilaian tersebut yaitu Academic Reputation; Employer Reputation; Citation Paper; serta H-Index Citation untuk bidang tersebut.

“Academic dan Employer Reputation penilaiannya berdasarkan survey yang disebar ke sejumlah orang. Academic Reputation terkait survey akademik yang dinilai oleh beberapa pakar sebidang sementara Employer Reputation adalah survey bidang non akademik yang disebar pada sejumlah pengguna lulusan,” imbuhnya.
Sementara itu, citation paper adalah jumlah sitasi untuk satu paper terindeks scopus.

“Jika satu paper punya sitasi tinggi berarti publikasi UB akan dilihat sangat berkualitas dan jadi rujukan,” katanya.

Sedangkan, H Indeks Citation adalah jumlah dokumen yang memiliki sitasi dengan jumlah tertentu.

“Publikasi diukur dari H Indeks yang berkaitan dengan jumlah artikel yang dihasilkan penulis dan disitasi sesuai dengan indeks atau jumlah yang ditentukan,” jelasnya.

Dosen Teknik Elektro itu menyebut capaian ini menjadi bukti bahwa UB merupakan perguruan tinggi yang memiliki kualitas yang baik, terlebih pada bidang ilmu yang masuk dalam QS WUR by Subject.

“Dengan ini kita dapat menjaga reputasi UB untuk menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia,” pungkasnya.

Harapannya dengan meningkatnya jumlah bidang ilmu yang masuk dalam pemeringkatan, para calon mahasiswa dapat yakin untuk melanjutkan pendidikannya di UB.

“Kita menunjukkan kepada calon maba kalau di UB juga memiliki berbagai bidang keilmuan yang diakui dunia,” harapnya.

Pada tahun 2023, bidang ilmu UB yang masuk pada pemeringkatan QS WUR adalah Law and Studies di peringkat 301-350, Agriculture and Forestly di peringkat 251-300, dan Business and Management di peringkat 451-500. 

 

Sumber : Berita UB