APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Brawijaya Malang Masuk Posisi Puncak QS World University Ranking 2023, Ini Keunggulannya

avatar penulis

Kartika Putri

27 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Tiga disiplin ilmu di Universitas Brawijaya MalangJawa Timur, berhasil meraih peringkat tertinggi dalam QS World University Ranking (WUR) untuk tahun 2023.

Ketiga bidang tersebut, seperti diungkapkan oleh Ketua UPT, Reputasi Adharul Mutaqien, meliputi Law and Legal Studies, Agriculture and Forestry, serta Business and Management Studies.

Menurut Adharul Mutaqien, Law and Legal Studies berada di peringkat 301-350, konsisten dengan posisi tahun sebelumnya. Agriculture and Forestry mengalami peningkatan peringkat dari 301-350 menjadi 251-300, sementara Business and Management Studies tetap pada posisi 451-500 seperti tahun sebelumnya.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ini menambahkan bahwa penilaian tersebut melibatkan beberapa indikator, termasuk Academic Reputation, Employer Reputation, Citation Paper, dan H-Index Citation untuk setiap bidang.

“Penilaian Academic dan Employer Reputation didasarkan pada survei yang diberikan kepada sejumlah responden. Academic Reputation berkaitan dengan opini akademisi dalam survei kademik, sedangkan Employer Reputation mencerminkan persepsi dari non-akademisi terhadap lulusan UB,” ungkapnya, Kamis 8 Februari 2024.

Citation Paper mengukur jumlah sitasi yang diterima oleh satu paper, menunjukkan tingkat kualitas publikasi. H-Index Citation, sementara itu, menggambarkan jumlah dokumen dengan sitasi tertentu, memberikan gambaran tentang dampak dan kualitas publikasi yang dihasilkan.

Adharul menekankan bahwa meskipun beberapa bidang belum mencapai peringkat tertinggi, hal tersebut tidak mengindikasikan kurangnya kontribusi dari UB.

“Namun, untuk bersaing lebih baik dengan perguruan tinggi lainnya, diharapkan peningkatan dalam penelitian lintas disiplin dan peningkatan kualitas publikasi Universitas Brawijaya ke depannya,” katanya.

 

Sumber : MJ News