APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UTBK di UB Tuai Apresiasi Positif Panitia Pusat

avatar penulis

Kartika Putri

2 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk tahun 2024 telah dimulai. Selama tujuh hari, ribuan peserta ujian bersaing di berbagai kampus untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes dan terdaftar sebagai mahasiswa baru, tidak terkecuali di Universitas Brawijaya.

Apresiasi positif ditunjukkan oleh Dr. Riza Satria Perdana, S.T., M.T saat melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan UTBK hari pertama di UB, di beberapa fakultas, seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan dan Fakultas Ilmu Komputer.

“Sejak persiapan kemarin, kita sudah benar-benar sudah melihat yang dilakukan di pusat UTBK UB ini apa saja, seperti penunjuk arah yang sudah tersedia di berbagai titik”, jelasnya.

Selain itu, ia juga menilai adanya ruang transit sebagai kreativitas UB dalam melaksanakan UTBK. “Belum tentu pusat lain mampu menyediakan fasilitas seperti ini karena harus menyiapkan satu ruangan yang benar-benar kosong untuk dijadikan transit”, terang pria yang menjabat sebagai dosen di Institut Teknologi Bandung ini.

Pelaksanaan ujian di UB, menurut Riza, lebih terkondisi. “Pemeriksaan body check di UB juga lebih serius, yang saya lihat tadi di Fakultas Kedokteran, mereka sangat concern terhadap hal-hal seperti ini”, imbuh Riza.

Selain faktor keamanan, ia juga melihat faktor kenyamanan menjadi hal penting. “Kita harus seimbang antara menjaga suhu perangkat tetap terjaga, namun juga tetap memberi kenyamanan bagi peserta saat mengerjakan ujian”, jelas Koordinator SNBP 2024 ini.

Secara keseluruhan, menurut Riza, pelaksanaan UTBK di UB paling bagus. Hal ini karena banyak hal yang diperhatikan baik keamanan, kelancaran serta kenyamanan baik untuk peserta maupun panitia.

Di tahun ini, tercatat ada lebih dari 20 ribuan peserta yang akan mendatangi UB untuk mengikuti UTBK. Para peserta ini akan disebar di 16 titik di berbagai fakultas, selama 14 sesi yang diadakan selama satu minggu. (VQ)

 

Sumber : Berita UB