redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UNCEN & BPS PROV. PAPUA SIAP SUKSESKAN SP2020

avatar penulis

Azrul Prayoga

16 April 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Cenderawasih bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua menyelenggarakan rapat koordinasi kampus (rakorpus)sebagai bentuk dukungan perguruan tinggi dan mahasiswa untuk mensukseskan sensus penduduk 2020 (SP2020). kegiatan yang dirangkaikan dengan pengukuhan sahabat sensus tersebut berlangsung di ruang rapat lantai 3 gedung rektorat Universitas cenderawasih, Senin (9/3).

Mengawali kegiatan, ketua panitia, Elijoi Naibaho SST. M.STAT dalam laporannya mengatakan bahwa Tujuan diadakannya Rakorpus SP2020 ini adalah untuk sosialisasi dan publisitas SP2020 di Perguruan Tinggi, sebagai pernyataan dukungan SP2020 dari Perguruan Tinggi, pengukuhan dan pencanangan Aksi Sahabat Sensus dan untuk meningkatkan response rate Sensus Penduduk Online.

Elijoi Naibaho SST. M.STAT menambahkan tantangan terbesar dalam pelaksanaan sensus penduduk di era milenial ini adalah mobilitas penduduk dan perubahan perilaku masyarakat yang menyebabkan sulitnya melakukan pencacahan penduduk secara langsung. Oleh karena itu, BPS melakukan inovasi dan pembaruan metode yaitu Computer Aided Web Interviewing (CAWI) dan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) pada palaksanaan SP2020. Diakhir laporannya Elijoi Naibaho SST. M.STAT mengatakan bahwa Hasil yang diharapkan dari Rakorpus SP2020 ini adalah terselenggaranya sosialisasi dan publisitas SP2020 di Uncen, peserta memiliki pemahaman tentang SP2020, terselenggaranya pengukuhan dan pencanangan sahabat sensus dan sahabat sensus sebagai agen publisitas SP2020 dan agen sensus penduduk online.

Sementara itu kepala BPS Provinsi Papua, Drs. Simon Sapary, M.Sc dalam sambutannya mengatakan BPS dalam misi nya sebagai pelopor data statistik terpecaya yang ditugaskan menyediakan data statistik untuk pelaksanaan pembangunan mengajak Universitas Cenderawasih sebagai organisasi besar dalam peningkatan SDM ditanah Papua untuk mengadakan rakorpus 2020 dan pengukuhan sahabat sensus sebagai bentuk dukungan Perguruan Tinggi dalam mensukseskan SP2020. Beliau juga mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang dikukuhkan sebagai sahabat sensus.

Pembantu Rektor IV, Dr. Fredrik Sokoy, S.Sos, M.Sos dalam kesempatannya ketika membuka kegiatan menegaskan bahwa Universitas Cenderawasih siap mensukseskan program SP2020 dengan menyedakan fasilitas tempat, tenaga dan pikiran. Beliau juga menjelaskan Uncen memiliki program studi statistika dan juga pusat kajian statistik. Diakhir sambutannya PR IV berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan semua yang hadir dapat berkontribusi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kegiatan rakorpus SP2020 BPS Prov. Papua bekerjasama dengan Uncen ini diisi dengan pernyataan dukungan SP2020 dari perguruan tinggi, sosialisasi SP2020, pengukuhan dan pencanangan aksi sahabat sensus, penjelasan tugas, peran, dan manfaat, mekanisme, pelaporan aksi sahabat sensus, penjelasan mekanisme sensus penduduk online; penjelasan konsep definisi variabel dan Ngisi Bareng (ngibar) Sensus Penduduk Online.

(uncen.ac.id)