redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

DLH Kota Surabaya Apresiasi Inovasi Bidang Lingkungan Karya Undika Saat Kunjungan Eco Campus

avatar penulis

Universitas Dinamika

9 February 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota (DLH Pemkot) Surabaya mengapresiasi inovasi bidang lingkungan yang karya Universitas Dinamika atau STIKOM Surabaya saat melakukan kunjungan program eco campus. Beberapa inovasi yang dibuat yakni penyiraman tanaman otomatis, solar panel, filter air wudhu dan umbrella multifunction penampung air hujan. 

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas dan Penyuluhan DLH Pemkot Surabaya Dyan Prasetyaningtyas sangat berterimakasih atas progres program ramah lingkungan Undika kalau dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.

“Yang dulu kelebihannya hanya di kebersihan lingkungan kini sudah lebih baik, yakni kebersihan lingkungan bagus, penghijauan oke, inovasi juga banyak, jadi progressnya luar biasa,” kata Dyan sapaannya saat diwawancarai di sela-sela kunjungan. 

Ia menjelaskan tahun 2020 lalu pemkot tidak bisa melakukan penilaian eco campus karena terkendala pandemi Covid-19. Tahun 2021 ini diharapkan DLH bisa mulai menjaga konsistensi pemerintah setempat dengan lembaga pendidikan untuk menciptakan lingkungan hijau di Kota Pahlawan. 

Dengan diadakannya kembali eco campus, pihaknya berencana membentuk forum eco campus dan memaksimalkan program kampung iklim di lingkungan kampus. Jadi bisa saling silaturahmi, karena setiap kampus pasti memiliki kelebihannya.

“Misalnya yang saya sampaikan Universitas Dinamika itu adalah bagaimana eco campus ini bisa support program kampung iklim atau adiwiyata,” katanya. 

Ia juga menyampaikan dengan keunggulan teknologi yang dibuat Undika diharapkan bisa diajarkan ke sekolah atau kampus lain. Hal karena inovasi yang sudah diterapkan di Undika tidak diketahui oleh masyarakat luar, jadi mengawinkan antara teknologi dengan lingkungan, sehingga teknologi tidak hanya dinilai tidak pro lingkungan tapi juga support pertumbuhan lingkungan.

Harapannya Undika terus berinovasi dan memberikan kiprah yang lebih lagi  untuk lingkungan lingkup kampus dan juga di Kota Surabaya. Perlu diketahui, konsep eco campus tahun 2021 ini secara garis besar sama seperti tahun sebelumnya, yakni dari sisi kebijakan, perencanaan, pelaksanaan kegiatan sama evaluasi dan inovasi. Dengan program kompetisi eco campus, DLH Kota Surabaya ingin melakukan evaluasi lebih dalam terkait dengan konsistensi dari kampus untuk program-program yang sudah dilakukan di sekitar kampus.

 

Humas Undika : Lathifiyah

https://www.dinamika.ac.id