redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kolaborasi Undika dan Dunia Industri: Riset Robot Masa Depan

avatar penulis

Universitas Dinamika

9 February 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

D’Media (27/01/2022) – PT Handal Yesindo Sejahtera menggelar kegiatan demonstrasi robot di Universitas Dinamika (Undika) Stikom Surabaya. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Laksda Mardiono ini diikuti oleh seluruh Dekan dan Kaprodi Fakultas Teknologi dan Informasi serta Fakultas Desain Industri dan Kreatif Undika. “Menurut saya masih sedikit (inovasi terkait pengembangan robot), makanya perlu banyak inovasi seperti ini. Namun, jangan sampai meninggalkan keterlibatan manusia di dalamnya,” ungkap Tri Sagirani, dosen sekaligus Dekan Fakultas Teknologi dan Informasi Undika. 

Kegiatan ini pun disambut antusias oleh para dosen yang hadir, bahkan beberapa dosen yang turut hadir bisa mencoba langsung mengoperasikan robot yang dipamerkan oleh PT. Handal Yesindo Sejahtera. “Beberapa waktu lalu sudah MoA untuk mahasiswa Undika magang di sana. Nah, sekarang mereka hadir karena kita mau memanfaatkan MoA yang ada untuk melakukan riset bersama,” ungkap Tri. Dengan langkah menghadirkan pakar-praktisi yang berkompeten di bidang teknologi industri ini, Tri berharap dosen-dosen bisa terilhami untuk menemukan ide baru atau karya-karya inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

Dalam pelaksanaanya, PT. Handal Yesindo Sejahtera memamerkan dua robot andalan mereka, yaitu UR Cobot dan juga Epson SCARA Robot, yang memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. “Tujuan kami mengunjungi Undika ini karena kami melihat Universitas Dinamika yang dulu STIKOM ini kuat di bidang programmingnya, dan kami ingin mengajak berkolaborasi,” ujar Peter Julian, Komisaris PT. Handal Yesindo Sejahtera. Lebih lanjut Peter menjelaskan bahwa ia ingin mengenalkan pengembangan teknologi di dunia industri ke dunia pendidikan.  Pada kesempatan ini, Peter dan timnya membawa UR Cobot yang memiliki kelebihan dapat berkolaborasi dengan manusia dalam cara kerjanya. “Cobot sendiri adalah kependekan dari Colaboration Robot, dan robot ini bisa berjalan jika disandingkan dengan manusia,” tutur Peter. Lebih jelasnya, UR Cobot ini bisa bekerjasama dengan manusia sehingga meringankan beban pekerjaan manusia. “UR Cobot ini sudah berlisensi safety (keamanan), serta memiliki 6 aksis, sehingga cakupan pekerjaannya lebih banyak,” jelas Peter.

Selain itu, ada pula Epson SCARA Robot yang juga memiliki fungsi hampir serupa. Robot yang dapat digunakan untuk pick & place (mengangkat dan menempatkan) barang ini memiliki 4 aksis dalam komponennya. Salah satu kegunaan Epson SCARA Robot ini adalah membantu pekerjaan manusia dalam memberikan cap atau stempel pada barang. “Saya berharap, kedatangan kami kesini bisa mengenalkan teknologi robot ini agar bisa lebih booming di dunia pendidikan,” tutur Peter. Cla

https://www.dinamika.ac.id