APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UGM Tiga Besar Universitas Terbaik di Asia Tenggara

avatar penulis

Azrul Prayoga

14 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

UGM menempati peringkat ketiga universitas terbaik di Asia Tenggara dalam pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings.

Peringkat UGM berada di bawah dua perguruan tinggi terkemuka di Singapura, National University of Singapore (NUS) yang menduduki puncak ranking, dan Nanyang Technological University (NTU) yang berada pada peringkat kedua.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI), Widyawan, ST., M.Sc., Ph.D., menyebutkan peringkat yang diperoleh menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM, juga jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

Hal ini digunakan untuk membantu mahasiswa dan dosen memahami sejauh mana tingkat kepercayaan dan popularitas sebuah universitas di mata negara asing.

“Daily page view ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya. Sedangkan daily visitornya 420 ribu per hari,” ungkapnya, Minggu (9/2).

Popularitas website UGM, dikatakan Widyawan, tidak semata-mata karena website dikembangkan dengan tampilan menarik dan navigasi yang memudahkan pengunjung. Tidak hanya itu, pencapaian tersebut juga didukung dengan konten dan informasi yang ditampikan secara berkualitas dan relevan serta bermanfaat.

"Selain itu, ditambah dengan dukungan infrastruktur yang memadai sehingga respons di website UGM bisa berjalan cepat. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu," paparnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2019 kapasitas bandwith terus ditambah hingga saat ini menjadi 8 giga bit per second (gbps). Widyawan mengatakan, dukungan infrastruktur teknologi informasi yang baik dan bandwith besar semakin mempermudah masyarakat umum untuk mengakses berbagai konten digital di UGM.

“Ke depan kita akan terus memperbanyak infrastruktur TI, bandwith, serta memperbaiki data center supaya akses masyarakat ke website UGM semakin mudah,” tuturnya.