redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Hang Tuah Sukses lakukan Baksos di Golokan Sidayu Gresik.

avatar penulis

Anita cahyaningrum

20 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sabtu, 10 Februari 2018. Wujud Implementasi dari kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi salah satunya adalah melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Penmas). Fakultas Kedokteran prodi Farmasi Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bekerja sama tim dengan Unair, Ubaya, UWM, IDI dan IAI sejumlah 80 personel melakukan terobosan sosial mengadakan pelayanan Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan serta pemberian Obat Gratis kepada 500 penduduk desa Golokan Sidayu Gresik..

Golokan sebuah Desa yang terletak di wilayah Pantura Pulau Jawa, yang lokasinya  tepat berada di wilayah jalan raya dari Gresik Sidayu menuju ke Tuban Jawa Timur. Kepala Desa (Kades) Golokan, Muhammad Khusaini, S.Pdi 57 tahun, mewakili warga desa setempat, mengatakan “dirinya sangat senang dan terhormat atas kedatangan rombongan tim Penmas Baksos dari Universitas Hang Tuah Surabaya, yang di ketuai oleh mb. Liza Yudistira Yusan, S.Farm., M.Farm-Klin., Apt. Dosen tetap prodi Farmasi UHT. Menurut Kepala Desa dirinya beserta perangkat desa sangat terbuka dan Welcome bila Desanya dijadikan satu objek penelitian pengabdian masyarakat maupun dijadikan agenda bagian dari sebuah desa binaan dari Universitas Hang Tuah Surabaya”.

Kegiatan Penmas Baksos Kesehatan selama 1 (Satu) hari di hadiri oleh Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman. S.IP., SE., M.AP. Wakil Rektor (WR) II, WR III, Dekan FK UHT, dr. Sakti Hoetama. Sp.U, Wakil Dekan (WD) III FK, Kaprodi Farmasi UHT, Dra. Nuraini Farida., Apt., MS. serta Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Mahasiswa FK dari UHT serta mitra Perguruan Tinggi FK Ubaya, Unair dan Universitas Widya Mandala Surabaya.

Hadir di lokasi acara Kepala Desa Golokan, Kepala Puskesmas Sidayu Gresik, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gresik, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Gresik, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Gresik, Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV, Indosiar, Lion Club, Aqua dan Apotek 24.

Di depan undangan yang hadir Rektor UHT berharap:  “Agar seluruh Dosen FK-Prodi Farmasi UHT yang terlibat aktif ikut ambil bagian kegiatan Penmas, di himbau untuk ikut mengaplikasikan bidang ilmunya agar bisa mendharma baktikan bidangnya masing masing dengan melakukan uji coba penelitian guna di kembangkan untuk kemajuan lingkungan masyarakat desa setempat”.

 Dengan mengambil tema “Menggali Potensi Farmasi melalui upaya peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap Kesehatan dan penggunaan Obat melalui Konseling“  Kaprodi Farmasi UHT berpesan: “Agar kegiatan Penmas melalui Baksos Kesehatan ini, bisa di manfaatkan secara Optimal baik baik oleh seluruh Tim dengan melakukan Pencerahan Masyarakat berkaitan dengan Penyuluhan Informasi dan Pemeriksaan Kesehatan secara Gratis, Pemeriksaan Lab / Skrining Diabetes, Hiperurisemia, Kolesterol, Akupuntur dan Pemberian Obat obatan Gratis dan KIE sesuai dengan resep dokter ”

Di lokasi yang sama di saksikan oleh Rektor UHT, dilaksanakan serah terima acara penandatanganan Nota kesepahaman Kerjasama (MOU) bidang Kesehatan dan Pengobatan, antara Fakultas Kedokteran (FK) prodi Farmasi UHT, di wakili Dekan FK UHT Surabaya dr. Sakti Hutomo. Sp.U dengan Dinas Kesehatan Kota Gresik di wakili Kadinkes dr. M.Nurul Dholam. FK. UHT dengan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Gresik, dengan ketua IAI Gemparing Bayu. S.Si., Ap. FK. UHT dengan Ikatan Dokter Indonesia Cabang Gresik di wakili ketua IDI Dr. Umar Nur Rachman, Sp.PD.

 

Sumber : http://hangtuah.ac.id/