redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kembangkan SDM Unggul Sulawesi Selatan, Kampus Unhas Sidrap Resmi Berdiri

avatar penulis

Azrul Prayoga

19 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebagai bentuk dari tanggung jawab sosial Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam pengembangan sumber daya manusia, Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) menghadirkan Sekolah Vokasi Universitas Hasanuddin di Kabupaten Sidrap. Momentum pendirian Unhas Sidrap ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) dan Bupati Sidrap (Ir. H. Dollah Mando).

Kegiatan penandatanganan MoU berlangsung disela-sela peringatan hari jadi sidrap ke-676 di Lapangan Upacara Kompleks SKPD, Jalan Harapan Baru, Sidrap, Selasa (18/02).

Hari jadi Sidrap ke-676 dihadiri oleh Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) beserta jajaran, Gubernur Sulawesi Selatan (Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr), Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Bupati Sidrap (Ir. H. Dolla Mando), Dekan lingkup Unhas, Ketua Lembaga, para Direktur di lingkup Unhas, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sidrap, dan OPD se-Kabupaten Sidrap, Ketua Tim Penggerak PKK, dan ratusan tamu undangan.

Mengawali sambutannya, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sidrap atas kerjasama dan komitmen dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Sulawesi Selatan.

Prof Dwia menegaskan sebagai Institusi Perguruan Tinggi yang berada di posisi sentral dan strategis di Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia, Unhas selalu berupaya secara nyata dalam memenuhi tanggungjawab sosial kepada masyarakat.

“Sebagai penghubung pendidikan tinggi di Indonesia, Unhas harus selalu terdepan dalam mendorong dan menarik gerbong peradaban dan kesejahteraan ekonomi. Keberadaan Unhas di Sidrap diharapkan mampu meningkatkan SDM Sulsel yang lebih maju dan unggul. Selain itu, kehadiran suatu kampus akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di sekitarnya. Tentu ini menjadi manfaat lain bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sidrap,” jelas Prof Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sidrap, Ir. H. Dollah Mando mengucapkan terima kasih kepada Unhas atas kepercayaannya yang diberikan kepada Kabupaten Sidrap. Beliau menuturkan bahwa penandatanganan perjanjian kerjasama ini menjadi pertanda bahwa Unhas telah eksis di daerah yang terkenal dengan sebutan Bumi Nenek Mallomo ini.

“Dengan kehadiran kampus Unhas, kami berharap Sidrap bisa menjadi pusat pengembangan daerah unggul di Sulsel dan memberikan dampak positif dalam peingkatan ekonomi masyarakat daerah,” jelas Ir. Dollah.

Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr., sebagai Gubernur Sulsel mengapresiasi pemerintah Kabupaten Sidrap atas akselerasi percepatan pembangunan. Beliau menekankan bahwa Pemerintah Sidrap membuktikan peran pemerintah hadir mendorong peningkatan SDM yang ada.

“Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi. Kita berharap Sidendreng Rappang bisa menjaga keutuhannya. Saya mengapresiasi langkah maju yang dilakukan Sidendreng Rappang yang menghadirkan Unhas. Ini langkah yang sangat bagus. Pada dasarnya pembangunan yang berkelanjutan dan bermanfaat berasal dari Perguruan Tinggi sebagai dapur kebijakan,” kata Prof Nurdin.

Dalam sekolah vokasi Unhas di Sidrap, program awal yang akan dibuka adalah D4 Produksi Ternak dan D4 Produksi Pangan. Hal ini disesuaikan dengan visi misi dari Kabupaten Sidrap. Kampus Unhas Sidrap sendiri menggunakan bangunan yang disiapkan oleh Pemkab Sidrap sendiri menggunakan bangunan yang disiapkan oleh Pemkab Sidrap.

Acara penandatanganan MoU atara Unhas dan Kabupaten Sisrap yang dirangkaikan dengan peringatan hari jadi Sidendreng Rappang ke-676 berlangsung dengan hikmat hingga berakhirnya acara pukul 12.15 WITA.

(unhas.ac.id)