APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kenali Prodi Unhas: Ribuan Pelajar SMA Sederajat Sulsel Hadiri Unhas Open Day 2024

avatar penulis

Kartika Putri

20 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin menggelar Unhas Open Day (UOD) 2024 yang secara resmi dibuka langsung oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemdikbudristek Prof.Dr.Ir. Sri Suning Kusumawardani, ST., M.T., di Gedung Olah Raga (GOR) JK Arenatorium, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Sabtu (17/02).

Kegiatan ini menghadirkan ribuan siswa-siswi dari berbagai sekolah SMA Sederajat se-Sulsel. Selain dari Kota Makassar, peserta yang hadir berasal dari Takalar, Gowa dan Maros. Kegiatan yang bertujuan memperkenalkan berbagai program studi di Unhas secara menyeluruh ini direncanakan berlangsung selama 2 hari.

Direktur Belmawa Kemdikbudristek (Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T) dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini yang bertujuan mensosialisasikan program studi yang ada di perguruan tinggi.

“Langkah yang dilakukan Unhas ini saya kira sangat baik, mengenalkan berbagai prodi lebih dekat kepada calon-calon mahasiswa, sehingga mereka dapat memastikan dan yakin akan pilihannya nantinya,” jelas Prof. Suning.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua fakultas pada kegiatan ini. Ia juga mengungkapkan rasa senang atas terselenggaranya UOD yang kedua kalinya.

“Secara umum kegiatan ini hadir dengan tujuan sebagai wadah informasi kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke Unhas,” kata Prof Ruslin.

Pengenalan Prodi Unhas

Penyelenggaraan Unhas Open Day menghadirkan dan memperkenalkan Unhas kepada calon mahasiswa baru mulai dari program studi, fakultas, fasilitas, beasiswa, dan informasi pendaftaran mahasiswa baru. Prof. Ruslin menyebutkan, para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dapat mengunjungi stand dari setiap fakultas yang ada di Unhas untuk bertanya langsung guna mendapatkan pemahaman mendalam bagi para calon mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., mengungkapkan bahwa Unhas selalu memaksimalkan kehadirannya untuk masyarakat. pelaksanaan Unhas Open Day ini dihadirkan sebagai harapan untuk menjadi sumber informasi kepada para calon mahasiswa baru maupun orang tua mereka untuk lebih mengenal apa saja fakultas dan program studi serta beasiswa yang ditawarkan Unhas, sebagai bentuk kesiapan melanjutkan pendidikan.

Kepala Subdirektorat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Yuyu Ichsani M.Kom mengharapkan agar siswa-siswi yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, khususnya yang ingin masuk Unhas dapat memaksimalkan hadirnya kegiatan ini.

“Kalau tahun lalu kami gelar hanya satu hari, tahun ini karena melihat antusiasme peserta tahun lalu, sehingga tahun ini kami gelar selama dua hari,”jelas Yuyu.

Lebih lanjut Kasubdit PMB mengatakan para peserta yang hadir bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggali informasi lebih lanjut tentang program studi, fakultas hingga beasiswa yang dihadirkan oleh Unhas. Sehingga, nantinya ada gambaran untuk menentukan pilihan lanjutan pendidikan yang diinginkan.

Selain menghadirkan pameran stand dari berbagai fakultas, kegiatan ini juga berlangsung dalam sesi talkshow interaktif dengan diskusi bersama para narasumber yang merupakan jajaran pimpinan fakultas. Para pelajar tersebut disuguhi kegiatan tour fakultas dengan mengunjungi beberapa fakultas secara langsung dengan menggunakan kendaraaan bis yang telah disiapkan panitia.

 

Sumber : Kanal Berita UNHAS