APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Menuju Smart Campus, Unhas Bersama PLN Icon Plus Jalin Kerjasama

avatar penulis

Kartika Putri

14 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Hasanuddin bersama PT. Indonesia Comnets Plus sepakat kerjasama dalam bidang penyerapan peserta program KKN serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam mewujudkan konsep smart campus.

Kerjasama ini diwujudkan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc) dan Senior Manager SBU Regional Sulawesi dan IBT (Rizky Ardiana Bayuwerty ), berlangsung pukul 10.00 Wita di Ruang Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (13/02).

Turut mendampingi, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi (Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum), Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis (Prof. Dr. Eng. Adi Maulana, S.T., M.Phil), Sekretaris Rektor dan pimpinan lainnya dari PT. Indonesia Comnets Plus.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof JJ menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang akan dilakukan. Menurutnya, kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen universitas untuk terus mengembangkan infrastruktur dan teknologi yang mendukung transformasi Unhas menuju kampus dengan konsep smart campus.

Prof JJ mengatakan, Indonesia Comnets Plus sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terkemuka akan sangat berperan sebagai mitra strategis dalam pembangunan smart kampus Unhas. Tidak hanya itu, melalui kolaborasi ini, akan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mendukung pengembangan keilmuan mereka melalui proses magang ataupun KKN.

“Implementasi kerjasama ini harus segera dilaksanakan, Unhas secara berkelanjutan terus melakukan penguatan infrastruktur dan digitalisasi. Untuk itu, harapan kita bersama kerjasama ini akan memberikan dampak positif terhadap berbagai upaya penguatan yang terus dilakukan Unhas,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, Rizky Ardiana menyampaikan ucapan terima kasih atas keterbukaan Unhas untuk menjalin kerjasama. Dalam kesempatan tersebut, Rizky juga memberikan penjelasan singkat mengenai PT. Indonesia Comnets Plus yang merupakan anak usaha PLN yang bergerak pada bidang teknologi dan komunikasi.

“Kami mengharapkan kerjasama ini akan berjalan dengan baik, kami bisa memberikan kontribusi maksimal dalam berbagai upaya penguatan yang dilakukan Unhas terkhusus dalam hal digitalisasi melalui ketersedian infrastruktur yang mengedepankan teknologi informasi yang canggih,” jelas Rizky.

Secara umum, PT. Indonesia Comnets Plus atau lebih dikenal sebagai PLN Icon Plus berfokus pada pelayanan kebutuhan PT.PLN terhadap jaringan telekomunikasi. Pada tahun 2000, PLN Icon Plus memulai kegiatan komersialnya dengan Network Operation Centre yang berlokasi di Gandul, Cinere, sekaligus sebagai entitas Anak PT PLN.

Seiring dengan kebutuhan industri akan jaringan telekomunikasi dengan tingkat availability dan reliability yang konsisten, PLN Icon Plus mengembangkan usaha dengan menyalurkan kelebihan kapasitas jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik milik PT.PLN. PLN Icon Plus menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga, terutama yang kegiatan operasionalnya membutuhkan jaringan telekomunikasi yang ekstensif dan handal.

Sumber : Humas Universitas Hasanudin