redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Unhas dan Samarkand SIFL Uzbekistan Kerja Sama Bahasa dan Budaya

avatar penulis

Azrul Prayoga

19 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Hasanuddin sebagai kampus terbaik di Indonesia menyadari arti pentingnya kolaborasi dalam menghadapi tatangan global dan mencapai tjuan berkelanjutan dari pembangunan bangsa. Unhas tidak sekedar mengedepankan target menjadi universitas yang diakui secara global namun senantiaa menjaga tugas pokoknya menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Indonesia.

Pencapaian tujuan berkelanjutan bangsa Indonesia dalam bentuk SDGs tersebut dimaknai oleh Unhas dengan memanfaatkan secara luas sumber daya yang dimiliki, baik secara mandiri maupun melalui kerjasama dengan pihak lain atau institusi yang memiliki reputasi sangat baik.

Sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Komunikasi, Suharman Hamzah, Ph.D, Unhas terus membuka diri dan menawarkan kerjasama dengan pihak lain untuk bersama dalam memberikan kontribusi bagi pengembangan kesejahteraan masyarakat dunia. Dengan menyasar target berbeda, Unhas mencoba membangun kerjasama secara spesifik untuk keilmuan tertentu dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri.

“meningkatkan capaian secara khusus pada klaster ilmu-ilmu sosial dan humaniora menjadi dasar pijakan menggandeng institusi pendidikan tinggi yang secara spesifik mengembangkan keilmuan tersebut di Uzbekistan. Setelah menandatangani kesepahaman dengan Tashkent State University pf Economics (TSUE), Unhas juga sepakat bekerjasama dengan salah satu universitas di Kota Samarkand yaitu Samarkand State Institute of Foreign Languages (SSIFL)”, Papar Suharaman.

Jumat sore (15/11/2019, waktu Samarkand), Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, bersama dengan beberapa pimpinan fakultas, dan Prof. Idrus Paturusi (Rektor Unhas 2006-2014) bertemu dengan pihak Samarkand State Institute of Foreign Lenguages (SSIFL), Uzbekistan. Dari pihak SSIFL hadir diantaranya: Dr. Ilkhomjon Tukhtasinov (Rector), Dekan dan beberapa Profesor serta staf SSIFL.

SSIFL adalah universitas negeri yang fokus pada pengebangan keilmuan bahasa dan budaya di negara Uzbekistan. Institut yang terletak di Kota Samarkand tersebut merupakan salah satu institusi pengajaran bahasa khususnya bahasa asing terbaik di Asia Tengah. SSIFL dalam Bahasa Uzbek disebut dengan: Samarqand Davlat Chet Tilar Institusi (SamDChTI) adalah institut negeri yang didirikan 8 Nopember 1994.

Universitas ini membatasi jumlah mahasiswa pada kisaran 3000-4000an pelajar. Memiliki tenaga pengajar cukup besar sekira 399 orang, yang artinya rasio 1:10. Membina 3 fakultas yang secara spesifik mengembangkan disipli ilmu bahasa asing dan budaya yaitu: english language faculty (engish language and literature), roman-germanic faculty (philology: english, french, german, Italian, Spanish) and transalation theory and practice (Korean, japanese, chinese, arabic).

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unhas dan SSIFL berlangsung dalam suasana yang cair dan penuh keakraban. Dilakukan di Gedung Utama Rektor di Kampus Pusat SSIFL di Kota Samarkand. Acara diawali dengan pengenalan singkat masing-masing universitas/institut. Selanjutnya, Rektor Unhas (Prof. Dwia) dan Rektor SSIFL (Dr. Ilkhomjon Tukhtasinov) menandatangani nota kesepahaman. Pada kesempatan itu pula dilakukan diskusi tentang detail rencana kerjasama tersebut dan diakhiri dengan pertukaran cinderahati dan foto bersama.

Setelah acara utama berlangsung, pihak SSIFL mengajak untuk meninjau beberapa fasilitas kampus. Kampus ini memiliki fasilitas pegembangan bahasa dan budaya yang sangat baik. Mereka bekerjasama dengan British Council, DAAD Jerman, Goethe Institute, ERASMUS+, JICA KOICA Korea dan JSV.

Rektor Unhas, Prof Dwia menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh pihak SSIFL untuk bekerjasama dengan Unhas.

“Ini adalah bentuk kepercayaan dan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik khususnya bagi sivitas akademika di Unhas, lebih khusus lagi di FIB, Pusat Bahasa maupun Perpustakaan Unhas yang mewadahi berbagai pusat budaya negara dalam mengembangkan kerjasama bahasa dan budaya”, kata Prof. Dwia.

Kerjasama yang akan dilakukan terkait dengan pendidikan dan kegiatan akademik. Secara khusus akan dilakukan pendidikan bersama (double degree, single degree, non-degree training kelas internasional), penelitian bersama, publikasi bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan, konferensi dan kegiatan budaya dan bahasa, dan kegiatan akademik lainnya.

Menanggapi kesepahaman antara Unhas dan SSIFL, Rektor Dr. Ilkhomjon Tukhtasinov menyambut hangat dan optimis kerjasama itu akan berjalan dengan baik. Selain itu, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan pemerintah Indonesia melalui Unhas dengan memilih SSIFL sebagai mitra universitas di Indonesia.

“Kami akan segera merencanakan tindak lanjut kerja sama ini dan berharap dapat berkunjung ke Unhas dalam waktu yang tidak lama dengan melakukan kegiatan baasa dan budaya bersama,” kata Dr. Ilkhomjon.

(unhas.ac.id)