APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Unhas di Posisi 7 Kampus Terbaik Indonesia Versi Webometrics

avatar penulis

Fikha Ardiani

29 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Cybermetrics Labs yang berbasis di Madrid, Spanyol, baru saja mengumumkan peringkat tata kelola Website perguruan tinggi yang disebut Webometrics untuk edisi Januari 2018.

Dan Universitas Hasanuddin menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu posisi 7 nasional dimana sebelumnya berada pada urutan ke 13 Nasional. Demikian disampaikan Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas Ishaq Rahman, Kamis (24/1/2018).

Webometrics merupakan salah satu pengukuran kualitas website perguruan tinggi dengan semangat mendorong “academic open access”.

Dan pengukuran tersebut dilakukan setiap enam bulan etiap 6. Yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Lebih lanjut kata Ishaq, pada setiap periode, metodologi pengukuran terus mengalami penyempurnaan, mengikuti trend dan perkembangan dunia internet. Berbagai negara, termasuk Kemenristekdikti, mengadopsi hasil-hasil Webometrics sebagai salah cara mengukur posisi tata kelola website perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas Hasanuddin sendiri mulai kembali melakukan pembenahan terhadap eksistensi website untuk memenuhi standar-standar Webometrics sejak tahun 2016. Ketika itu, posisi ranking website Unhas masih berada di posisi 24 nasional.

Daftar peringkat Webometric periode Januari 2018 untuk perguruan tinggi di Indonesia dapat dilihat pada link: http://webometrics.info/en/Asia/Indonesia. (*)

(www.makasar.tribunnews.com)