APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Bangkitkan Nasionalisme Nommensen Peringati HUT NKRI Ke-73

avatar penulis

Anggi Maulinda

26 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau menjadi Inspektur Upacara pada saat peringatan HUT NKRI ke 73 di Kampus UHN Medan

Sebagai kampus yang sangat menjujung tinggi keberagaman, nasionalisme dan cinta tanah air, Universitas HKBP Nommensen melakukan upacara  peringatan HUT NKRI dan berbagai kegiatan yang sifatnya membangun semangat kebangsaan. Hal itu dikatakan oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau saat menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT NKRI ke 73 di lapangan UHN, Jumat (17.08/2018) sebagai wujud nyata bahwa UHN sangat cinta NKRI sebagai sebuah harga mati dan final, tambah Rektor UHN lagi.

 Rektor juga mengatakan dalam rangka mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa ini, UHN saat ini terus berupaya dan mendorong bagaimana layanan mutu pendidikan semakin bagus. UHN menyadari sepenuhnya fungsi utama pendidikan itu adalah untuk membangun karakter, membangun integritas, mendorong revolusi berpikir, mendorong pengembangan IPTEK dan ini semua merupakan modal utama untuk pembangunan bangsa. Pendiri bangsa ini punya tujuan yang sangat mulia untuk bangsa ini, mereka menginginkan sebuah negara supaya kelak para penerusnya punya kualitas hidup yang lebih baik.

Untuk itu, tegas Rektor lagi, pendidikan yang bermutu merupakan sebuah jaminan untuk bisa menggapai dan meraih kemajuan. Inilah cara yang paling ampuh untuk mengisi kemerdekaan bangsa ini. Kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan dalam banyak hal merupakan dampak dari tata kelola pendidikan yang tidak bagus dan tepat. Untuk itu, harus diupayakan dengan segala cara untuk memajukan dunia pendidikan.  UHN merupakan kampus yang sangat peduli pada bangsa ini. UHN akan terus melakukan tata kelola pendidikan tinggi yang mampu menjawab kebutuhan bangsa ini agar bangsa kita merupakan bangsa yang sejajar dan punya martabat di dunia internasional.

Rektor UHN juga mengatakan progress “ NHU Goes International”  dengan menegaskan bahwa sejak awal tahun 2015, UHN telah memulai era baru yakni masuk ke pasar global yang disemangat oleh tantangan dan peluang Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA.  Nommensen harus mampu bersaing di pasar global agar tidak menjadi pecundang. Untuk itulah kami mencanangkan misi “NHU goes international” yang dilaksanakan melalui 8 program yakni (1) pengakuan internasional kepada  alumni dalam bentuk belajar di luar negeri dan bekerja di luar negeri, (2) layanan dengan mutu kelas dunia, (3) kuliah internasional, (4) publikasi ilmiah internasional, (5) program studi campuran internasional, (6) pertukaran dosen internasional, (7) pertukaran mahasiswa internasional, dan (8) dua-gelar internasional.   Berbagai hasil telah kita capai antara lain, sejak 1 April 2015 Nommensen telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan 27 Universitas terkemuka di  Cheko, Amerika Serikat, Taiwan, Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan Malaysia.  

Kita harapkan bangsa ini bisa sejajar dengan bangsa lain melalui layanan pendidikan yang bermutu. Saat ini UHN sangat menyadari bahwa untuk mendorong martabat bangsa hanya dengan pendidikan yang bermutulah dan berkelas internasional sebagai sebuah panggilan untuk mengisi kemerdekaan, kata Rektor. Hanya dengan pendidikan yang bermutulah kita memperoleh kemerdekaan yang hakiki, tegas Rektor lagi. Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di ikuti oleh para kalangan dosen dan mahasiswa, pegawai dari lintas fakultas.