APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Bertema Lingkungan, Dies Natalis UI ke 74 Upayakan Membangun Indonesia Lestari

avatar penulis

Kartika Putri

27 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Permasalahan lingkungan hidup menjadi isu yang krusial untuk segera ditangani, karena berdampak terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Universitas Indonesia (UI) berkomitmen mendukung pemerintah dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan lestari. Pada peringatan Dies Natalis ke-74, UI mengusung tema Sinambung Membangun Indonesia Lestari untuk mendorong sekaligus mengedukasi masyarakat terkait program dan kebijakan yang mendukung kelestarian lingkungan.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., berharap komitmen UI terhadap isu keberlanjutan dapat membantu mewujudkan Indonesia yang lestari. Dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023, UI menempati posisi ke-20 dunia. Kita juga bersungguh-sungguh mempertahankan ranking terbaik dalam UI GreenMetric World University Rankings. Pada 2023, UI berada di posisi tertinggi di Asia dan ke-24 di dunia, ujar dr. Agustin dalam sambutannya di Acara Puncak Dies Natalis Ke-74 UI, Rabu (21/2) di Balairung UI.

Dies Natalis ke-74 ini sebelumnya diawali Sidang Terbuka yang disampaikan oleh pengajar sekaligus ilmuwan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FIMIPA) UI, Prof. Dr. Jatna Supriatna, Msc., pada Jumat (2/2). Ia menyampaikan tentang peran universitas dalam mengkaji berbagai trade off dalam penggunaan lahan, pemanfaatan keanekaragaman hayati, dampak dari perubahan iklim, serta kebijakan dan pengelolaan terkait hutan dan laut.

“Selain orasi ilmiah, kegiatan Dies Natalis juga dimeriahkan dengan berbagai lomba dan kompetisi yang berkaitan dengan isu kesehatan dan lingkungan. Beberapa di antaranya adalah lomba menghias tumpeng berbahan alami, lomba olah raga seperti tarik tambang, tenis meja, futsal, bulu tangkis, gerak jalan, hingga lomba rancang busana berbahan daur ulang,” ujar ujar Amelita Lusia, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang menjadi Ketua Pelaksana Dies Natalis ke-74 UI pada tahun ini.

Selain itu, UI juga mengadakan kompetisi bagi para jurnalis media massa yang memberitakan segala upaya UI dalam mendukung pelestarian alam. Juara pertama untuk kategori Media Online dan Cetak diraih oleh Deonisia Arlinta dari Harian Kompas yang menuliskan berita berjudul Teknologi Polimer Atasi Sampah Plastik. Adapun juara pertama untuk kategori Televisi dimenangkan oleh Fachmy Febryan dari CNN Indonesia yang menampilkan berita berjudul Fakultas Teknik UI Pasang PLTS di Gedung I-Cell.

Amelita mengatakan bahwa sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh warga UI dalam mendukung pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs), UI juga memberikan penghargaan kepada fakultas/sekolah/unit kerja dan sivitas akademika.
Di antara penghargaan tersebut adalah UI GreenMetric yang memberikan penghargaan kepada Fakultas Teknik (Peringkat 1), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (Peringkat 2), FMIPA (Peringkat 3), Fakultas Kedokteran (Peringkat 4), dan Fakultas Psikologi (Peringkat 5) sebagai The 2023 Most Sustainable Faculty/School/Vocational School. Sementara itu, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dinobatkan sebagai fakultas dengan kemajuan paling signifikan dalam hal keberlanjutan pada 2023, kata Amelita.

Acara Dies Natalis yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang tersebut, juga dimeriahkan dengan penampilan dari salah satu band besar tanah air, Ada Band, yang menyanyikan sejumlah lagu populer mereka, seperti Karena Wanita Ingin Dimengerti, Yang Terbaik Bagimu, dan Haruskah Kumati.

 

Sumber : Admin UI