redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Penelitian Dosen UI Menjadi Salah Satu Kandidat Newton Prize 2019

avatar penulis

Azrul Prayoga

17 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Penelitian Chusnul Mariyah, Dra., Ph.D. (dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI) dengan judul “Meningkatkan Kehidupan Perempuan Melalui Perencanaan Kota yang Lebih Baik: Politik Ekonomi Keseharian Berbasis Gender dalam Penggusuran Kamping dan Resetelmen Penduduk di Jakarta” menjadi salah satu kandidat list pendek (shortlist) penelitian Newton Prize 2019.

Hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan, karena penelitian Chusnul menjadi satu-satunya penelitian dari bidang ilmu sosial yang masuk dalam shortlist. Dalam sejarah Newton Prize, ini pertama kalinya penelitian dalam ilmu sosial masuk dalam kategori.

Selain Chusnul, penelitian Prof. Retno Wahyuningsih dari UI juga berhasil masuk daftar shortlist dengan penelitiannya yang berjudul “Meningkatkan Kualitas Diagnosis Tuberkulosis: Pengembangan Diagnosis Serologi Aspergillosis Kronis dan Histoplasmosis Kronis di Indonesia.”

Newton Prize adalah penghargaan penelitian dari Newton Fund. Newton Fund adalah badan kerja sama riset inovasi dalam bidang sains dan teknologi antara Inggris dan Indonesia. Newton Fund telah berhasil memfasilitasi riset berskala internasional dan mempersatukan ilmuwan-ilmuwan terbaik dari berbagai bidang.

Terdapat dua kategori dalam penghargaan Newton Prize ini, yaitu kategori Country Prize yang akan mendapat hadiah dua ratus ribu poundsterling (setara 3,5 miliar rupiah) dan pemenang dalam kategori Chair’s Prize sebesar lima ratus ribu poundsterling (setara 9 miliar rupiah).

(ui.ac.id)