redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Menteri Agama Jadi Saksi Pengukuhan Doktor HC Jusuf Kalla di UIN Alauddin

avatar penulis

Anggi Maulinda

25 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Menteri Agama Jadi Saksi Pengukuhan Doktor HC Jusuf Kalla di UIN Alauddin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (25/1/2018) siang, dijadwalkan menjadi satu dari sekitar 1500-an saksi pengukuhan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Drs HM Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI) di Kampus UIN Alauddin, di Samata, Somba Opu, Gowa.

Agenda strategis Menteri Agama ini terungkap dari hasil rapat rapat persiapan penyambutan bersama KaKanwil Kemenag Sulsel Dr Abdul Wahid Thahir, M.Ag, di kantor Kemenag, Jl Nuri No 53, Makassar, Selasa (23/1/2018) siang.

“Informasi yang kami peroleh dari Jakarta, Pak Menteri akan didampingi pejabat Eselon I dan II dari Kemenag RI, seperti Dirjen Bimas Islam, Ditjen Bimas Kristen , sejumlah Direktur dan Kepala Biro, “ kata pejabat Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel Mawardy Siradj dalam siaran persnya ke Tribun.

Selain di kabinet Jokowi-JK, hubungan putra mendiang menteri agama ke-10 RI (Saifuddin Zuhri 1962-1968) ini juga baru saja ditetapkan sebagai salah satu pengurus teras Dewan Masjid Indonesia (DMI) dimana Jusuf Kalla menjadi Ketua Umum.

Sebelum menjadi menteri Agama ke-22 Indonesia sejak 2014, Lukman sudah dekat dan menjalin komunikasi intens dengan Jusuf Kalla.Kala JK menjabat menkokesra Lukman sudah menjadi anggota DPR RI periode 1999-2004, 2004-2009 dan 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan mewakili Jawa Tengah. Lukman juga pernah menjabat Wakil Ketua MPR RI periode 2009-2014, sebelum diangkat menjadi menteri agama. Lukman Hakim merupakan tokoh NU dan menjabat sebagai Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU).

Ada empat agenda utama. Tiga di Makassar, dan satu di Kota Palopo, sekitar 378 km sebelah tenggara ibu kota provinsi, Makassar.Jumat (26/1/2018) bersama istri dan rombongan, menteri dijadwalkan membuka Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia (PGI)di Gedung Saodenrae Convention Centre (SCC) Kota Palopo.

Sebelum menghadiri pengukuhan doktor HC JK di UIN, agenda utama menteri agama, di Makassar adalah peresmian 28 Gedung Baru Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Lingkup Kemenag SeSulsel Tahun Anggaran 2017 di kantor kemenang provinsi. Agenda berikutnya adalah arahan dan Pembinaan ASN lingkup Kemenag Sulsel di venue yang sama.

Sekedar informasi, inilah kali kedua Menteri Agama ke Sulsel untuk meresmikan 29 Bangunan Baru Kantor KUA, Balai Nikah dan Manasik Haji, pada tahun 2016 lalu, Kala itu, Lukman Hakim Saifuddin juga pernah meresmikan hal serupa pada acara Gerak Jalan Kerukunan dan Pembukaan Porseni dalam rangka menyambut Hari Amal Bhakti Kemenag ke 71 tingkat provinsi.

http://makassar.tribunnews.com/2018/01/24/menteri-agama-jadi-saksi-pengukuhan-doktor-hc-jusuf-kalla-di-uin-alauddin