redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UIN Ar-Raniry dan Media Group Gelar Seminar Nasional tentang Aceh

avatar penulis

Azrul Prayoga

12 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bersama Media Group menggelar Seminar Nasional dengan tema “Aceh Pusat Peradaban Islam Terawal di Asia Tenggara”, Senin (17/2/2020) bertempat di Aula lantai III, Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Warul Walidin AK MA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr H Gunawan MA PhD. Turut dihadiri oleh ketua Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR RI dan DPD RI asal Aceh, Nasir Jamil, anggota DPD RI Asal Aceh, Fadhil Rahmi, Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Fauzi Ismail, dan Direktur Sekolah Sukma Bangsa Pidie, Marthunis Bukhari.

Ketua pelaksana, Dr.Bustami, M.Hum mengatakan bahwa seminar nasional ini merupakan rangkaian dari acara kenduri kebangsaan yang di inisiasi oleh Yayasan Sukma dan Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR RI dan DPD RI asal Aceh yang di pusatkan di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Aceh pada tanggal 22 Februari 2020 mendatang.

“Seminar nasional ini dilaksanakan selama satu hari dengan menghadirkan peserta dari perwakilan akademisi, peneliti, budayawan, sejarawan, tokoh masyarakat, perwakilan pemerintah, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya”,kata Bustami.

Selain itu, kata Bustami pihaknya mengaku sangat senang atas tingginya animo peserta untuk hadir pada kegiatan seminar nasional yang diprakarsai oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dan Yayasan Sukma.

“Hasil dan rekomendasi dari seminar hari ini akan dirumuskan oleh sebuah tim kecil yang dipimpin oleh Drs Nurdin AR Mhum dan hasilnya akan ditayangkan pada kenduri kebangsaan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2020 mendatang yang dijadwalkan akan dibuka langsung oleh bapak Presiden RI, Joko Widodo”,kata Bustami.

Seminar tersebut menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Prof Dr Azyumardi Azra MA dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Edmund Edwards McKinnon PhD (Arkeolog Independen dan peneliti situs-situs sejarah di Sumatera) dan Prof Dr Misri A Muchsin M Ag dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dipandu oleh Sanusi MHum.

(uin.ar-raniry.ac.id)