redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa Psikologi UIN Raden Fatah Menjadi Peserta KTT Internasional 2020

avatar penulis

Azrul Prayoga

17 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pemuda dan mahasiswa asal Palembang, Sumatera Selatan terpilih untuk mengikuti KTT internasional di Istanbul, Turki. Mahasiswa itu, bernama Aulia Putri Balqist (Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang)

Bravo Psikologi-- Indonesia 25 tahun mendatang akan menyentuh usia 100 tahun yang disebut masa kejayaannya, dan syarat untuk menuju Indonesia emas 2045 bersumber dari sumber daya manusianya. Membutuhkan pemuda berkompeten adalah kunci dari majunya suatu bangsa.

Pemuda dan mahasiswa asal Palembang, Sumatera Selatan terpilih untuk mengikuti KTT internasional di Istanbul, Turki. Mahasiswa itu, bernama Aulia Putri Balqist (Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang). Dalam waktu dekat, mahasiswa yang akrab dengan panggilan Balqist ini akan menghadiri acara internasional tersebut. Di sana nanti serangkaian acaranya yaitu symposium international, pertukaran budaya, presentasi project dan kunjungan ke beberapa universitas di Istanbul. Acara ini akan berlangsung dari 27 januari - 30 Januari 2020 di ?stanbul, Turki.

Acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Youth Break the Boundaries ini bertema inti "Preparing Youth Leader 2045 breakthrough in regeneration for strategic position in goverment n non goverment orgnanization". Pada kesempatan ini akan dihadiri pembicara-pembicara hebat yakni Mr. lker Astarci ( Direktur pusat program Pendidikan dan Pemuda Uni Eropa Republik Turki) dan Mr. Hilmi Türkmen (Walikota Kotamadya Üsküdar).

Tujuan project ini ialah untuk mengasah kemampuan leadership, kepekaan sosial dan teamwork antar delegasi agar bisa berkolaborasi meskipun dalam perbedaan dan untuk mewujudkan goals Indonesian Gold Generation 2045. Nantinya akan memaparkan project sosial. Secara detail, project sosial yang akan paparkan disana itu mengangkat isu pendidikan dan lingkungan. Dalam segi pendidikan mengusung project “etalase mimpi” yang bergerak pada bidang peningkatan minat baca anak-anak.

Sedangkan pada hal lingkungan mengusung project “zerowastelyfe 5 litters per day” yang ingin menularkan kebiasaan baik kepada masyarakat kalangan manapun mengambil sampah berserakan yang ditemui dijalan minimal 5 plastik / botol plastik dan membuangnya ke tempat sampah.

Alhamdulilah, tentu sangat bahagia dan bersyukur atas kesempatan besar ini karena melalui kesempatan ini lah bisa membawa nama baik sumsel dan Indonesia dalam kancah internasional serta memperkenalkan betapa kayanya kebudayaan Indonesia. Ini juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi sebagai proses peningkatan kapasitas diri pemuda, khususnya bagi Indonesia. Untuk persiapan sendiri, sudah hampir 100% mulai dari persiapan fisik, mental, project dan regulasi kebutuhan selama symposium.

(radenfatah.ac.id)