redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Alhamdulillah! Jurnal Al-Jami'ah Raih Quartile 1 Versi SJR

avatar penulis

UIN Sunan Kalijaga

10 June 2021

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Kabar gembira datang dari Jurnal Al-Jami'ah, akhirnya berhasil meraih predikat Q1 (Quartile 1) dari SCImago Journal Rank (SJR). SJR telah melakukan perangkingan jurnal-jurnal terindeks di Scopus yang dikategorikan berdasarkan kelompok bidang ilmu yang dinaungi jurnal.

Scopus dalam menilai sebuah jurnal dengan membuat klasifikasi klusterisasi kualitas jurnal ilmiah dengan istilah yang sering disebut Quartile. Scopus ini memiliki 4 Quartile, yaitu Q1, Q2, Q3 dan Q4. Di mana Q1 adalah kluster paling tinggi atau paling utama dari sisi kualitas jurnal dikuti Q2, Q3 dan Q4 di bawahnya.

Jurnal Al-Jami'ah adalah Jurnal Kajian Islam terbitan Pusat Penelitian Al Jami'ah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak tahun 1962. Bisa dikatakan sebagai jurnal akademik tertua yang mengangkat tema Islam, masyarakat muslim, sejarah Islam, dan sastra dilihat dari berbagai perspektif.

Baca juga : Sabet Dua Prestasi Bergengsi, Hadiah Lebaran untuk UIN SUKA.

Jurnal tersebut telah diakreditasi oleh Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dengan predikat A sebagai jurnal internasional. Al-Jami'ah juga telah diindeks oleh Proquest, Ebsco, Scopus dan indeks nasional: Portalgaruda dan Moraref. Di bidang Ilmu Sosial dan Humaniora, Al-Jami'ah bukan hanya jurnal tertua di tanah air, tapi juga jurnal pertama yang terindeks Scopus.

Rektor mewakili seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga mengaku bangga dan bersyukur atas pencapaian ini. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Jurnal Al Jami'ah yang digawangi oleh Prof. Drs. H. Ratno Lukito, M.A., DCL.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras Tim Jurnal yang akhirnya membuahkan hasil, saya dengan bangga mengucapkan selamat kepada pengelola jurnal yang penuh dedikasi telah melakukan yang terbaik," ucap Rektor, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. saat menyampaikan sambutan pada acara Syawalan Keluarga Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (18/05/21). (Nurul)

Baca juga: Perayaan Syawalan di UIN Suka Tokoh Semua Agama Gelorakan Kebersamaan dalam Keragaman Agama.