APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dubes RI ED Syarief S : Pemerintah Maroko Tawarkan Beasiswa bagi Alumni UIN IB

avatar penulis

Anisa estu murbawani

8 April 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa UIN IB Padang semestinya mempersiapkan diri untuk meraih beasiswa S.2 dan S.3 yang banyak ditawarkan setiapk tahun oleh pemerintah Kerajaan Maroko (Republik Islam Mauritania). Demikian disampaikan Dubes RI untuk Maroko E.D. Syarief Syamsuri kepada ratusan mahasiswa/wi saat memberikan Kuliah Umum yang bertajuk “Kabar dari Maroko; Perkembangan Islam dan Pendidikan Tinggi di Maroko”, di kampus II Lubuk LIntah, 20/02/18.

E.D. Syarief Syamsuri yang hadir sebabagai nara sumber atas undangan Rektor UIN IB Dr. Eka Putra Wirman, MA (yang alumni Maroko) menjelaskan bahwa untuk kelancaran proses pendidikan di Maroko, calon mahasiswa sebaiknya mempersiapkan diri dengan bahasa Arab dan Perancis. Sebab dua bahasa itulah yang kerab digunakan digunakan sehari hari masyarakat di sana. Sudah barang tentu bahasa lisan plus tulisan diperlukan untuk dua bahasa asing tersebut. E.D. Syarief menambahkan bagi siapapun alumni UIN IB yang berminat untuk melanjutkan study di Maroko, silakan menghubungi pihak terkait di UIN IB Padang dan kemudian mengikuti proses yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Kelak bila sudah berada di Maroko, perwakilan pemerintah Indonesia di sana akan siap membantu apabila kemudian ada persoalan, terutama yang terkiat dengan masalah hukum.

Rektor UIN IB Padang Dr. Eka Putra Wirman, MA yang juga tampil sebagai nara sumber dalam kuliah umum awal semerter genap 2017/2018 tersebut, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih kepada E.D. Syarief Syamsuri dalam kesibukannya sebagai Dubes RI untuk Maroko berkenan menyediakan waktu untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada civityas akademika UIN IB Padang, terutama para Mahasiswa. Kepada mahasiwa UIN IB, Rektor memberikan motivasi agar terus melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, di antara peluangnya adalah beasiswa yang ditawarkan pemerintah Kerajaan Maroko. Cukup banyak alumni Maroko yang terkenal dan sukses, “kenal UAS kan (Ustadz Abdul Somad)? itu keluaran Maroko” katanya tersenyum. EN.

http://berita.uinib.ac.id/index.php/2018/02/22//