redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

UIN Malang Siapkan Laboratorium Berstandar ISO

avatar penulis

ifaroh ifaroh

3 August 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Menyongsong akreditasi, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki PR (Pekerjaan Rumah). Melalui wawancara dengan Gema, Ketua Halal and Thoyyib Center (HTC) Begum Fauziyah, M.Farm. optimis sebagian besar persyaratan sudah dilengkapi. “Tinggal akreditasi laboratorium,” paparnya.
Menurutnya, persyaratan yang diminta Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sudah hampir terpenuhi. Di antaranya ialah, pertama, kantor. LPH dan HTC telah memiliki kantor yang berada di Gedung Perpustakaan Lt. 2. Kedua, auditor. Hingga saat ini LPH memiliki empat auditor yang telah dilatih oleh BPJPH Kementerian Agama sebagai pemilik wewenang penerbitan sertifikasi halal di Indonesia. “Persyaratan dari BPJPH harus punya tiga auditor, UIN Malang sudah punya empat. Semua sudah dilatih,” jelasnya.
Hanya saja, Begum menyatakan pihaknya masih ingin menambah tim auditor. Pasalnya, keempat auditor yang ada belum melingkupi semua bidang keilmuan. Para auditor yang bernaung di LPH UIN Malang berasal dari Jurusan Farmasi, Biologi, dan Kimia. “Kami sedang mengupayakan dari keilmuan hewan dan pangan. Sehingga, nantinya semua produk bisa kami dampingi dalam proses sertifikasi halal,” jelas Ibu dua orang putra ini.
Selanjutnya, HTC UIN Malang ingin agar nantinya laboratorium yang dimiliki segera berstandar ISO 17025 sesuai permintaan BPJPH. “Semua peralatan komplit, tinggal proses akreditasinya. Semoga bisa kami segerakan,” tutur wanita asal Jombang ini.

Sumber:https://www.uin-malang.ac.id