redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Paper ICEMS 2019 Sukses Terpublish di Prosiding Internasional EUDL

avatar penulis

Azrul Prayoga

19 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Setelah sukses menggelar pelaksanaan Fifth International Conference on Education in Muslim Society (ICEMS) pada tanggal 30 September-01 Oktober 2019, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) kembali menorehkan kesuksesan publikasi internasional dari paper-paper yang telah dipresentasikan di ICEMS 2019.

“Tema konferensi tahun ini adalah “Membina Pendidikan Masa Depan: Usaha Kreatif dan Inovatif dalam Pengajaran dan Pembelajaran,” ujar Ketua Panitia Didin Nuruddin Hidayat saat ditemui di Gedung PPG Bojongsari usai acara Yudisium dan Pembekalan Lulusan FITK, Rabu, (19/02/2020).

Tema ini, lanjutnya, mencoba untuk mencerminkan berbagai aspek, baik pemikiran dan temuan penelitian yang terkait dengan pendidikan kreatif dan inovatif di negara-negara Muslim, mulai dari praktik terbaik dari pengajaran, kurikulum, penelitian dan pengembangan, pengembangan profesional guru, pedagogi dan andragogi baru, teknologi baru dalam pendidikan dan sebagainya.

Ditambahkannya, selain untuk menyebarluaskan pemikiran dan temuan penelitian, konferensi ini juga dimaksudkan untuk memperkuat jejaring dan kolaborasi di antara para peserta dan membangun kesadaran bersama dan rencana aksi pada masalah kelembagaan penting dari asosiasi.

“Sebanyak 39 paper telah terpublish di prosiding internasional European Union Digital Library (EUDL) yang terdiri dari 25 paper yang ditulis oleh dosen FITK dan 14 paper yang ditulis dosen luar FITK,” imbuhnya.

Sementara itu, sambung Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris ini, sebagian paper-paper lainnya sedang proses penerbitan di jurnal-jurnal nasional yang dikelola oleh FITK dan prosiding nasional ICEMS.

“Publikasi internasional ini tentunya merupakan prestasi yang menggembirakan karena bisa terbit hanya dalam hitungan bulan dari pelaksanaan konferensi internasionalnya,” tandasnya. Selain itu, ujar Didin, publikasi internasional ini juga akan mendongkrak jumlah publikasi yang dihasilkan dosen-dosen FITK.

“Saat ini, FITK sedang merancang pelaksanaan Sixth ICEMS 2020 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Harapannya, Sixth ICEMS 2020 akan mengulangi kesuksesan pelaksanaan dan publikasi Fifth ICEMS 2019,” pungkasnya.

(uinjkt.ac.id)