APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kolaborasi FISIP UNSOED dan FCSHD UNIMAS dalam Penelitian Buruh Migran di Sarawak

avatar penulis

Kartika Putri

8 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Tim Peneliti dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman (FISIP UNSOED) melakukan kerjasama penelitian ke Faculty of Cognitive Sciences and Human Development Universiti Malaysia Sarawak (FCSHD UNIMAS) pada Senin, 6 Mei 2024.

Kunjungan tim riset ini, yang menjalankan skema International Research Collaboration (IRC) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNSOED, diwakili oleh Prof. Imam Santosa dan Ahmad Sabiq, bertujuan untuk memperkuat hubungan kerjasama penelitian antara UNIMAS dan UNSOED.

"Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengembangkan model pemberdayaan bagi pekerja migran Indonesia di Sarawak, Malaysia, dengan fokus pada manajemen modal sosial untuk mengatasi tantangan dan permasalahan yang dihadapi para pekerja migran," ujar peneliti UNSOED, Prof. Imam Santosa.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan diskusi riset antara tim peneliti FISIP UNSOED, dan FCSHD UNIMAS di Ruai Wacana universitas tersebut. Diskusi dihadiri oleh sejumlah pejabat kunci, termasuk Dr. Ida Juliana (Kepala Strategi Fakultas), Assoc. Prof. Dr. Hardyman Barawi (Wakil Dekan Riset dan Komersialisasi), Mohd Hafizan Hashim (Wakil Dekan Urusan Mahasiswa), dan Assoc Prof Dr. Sopian bin Bujang (Direktur Pusat Ketahanan dan Potensi Manusia).

Sementara itu, peneliti lainnya, Ahmad Sabiq mengatakan pertemuan ini menjadi langkah penting dalam implementasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UNSOED dan UNIMAS, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memahami dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pekerja migran Indonesia di Sarawak.

"Diharapkan kerjasama penelitian ini dapat memberikan landasan bagi pengembangan kebijakan yang lebih baik di kedua negara dalam perlindungan dan pemberdayaan pekerja migran di wilayah tersebut," pungkas Sabiq.

 

Sumber : Berita Unsoed