redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Learning Models Training

avatar penulis

Azizul Pradna Qoidani

24 March 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Model Pembelajaran dapat diartikan sebagai strategi, cara, atau pola yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir untuk mencapai kompetensi tertentu. Berbagai model pembelajaran yang dikembangkan secara intensif melalui berbagai penelitian bertujuan untuk meningkatkan kerjasama akademik antar peserta didik, membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan kemampuan akademik melalui aktivitas individu maupun kelompok. Model pembelajaran juga membantu peserta didik mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berpikir, dan mengekspresikan ide. Bagi seorang pendidik, model pembelajaran menjadi salah satu hal yang memiliki peran penting dalam keefektifan pembelajaran. Dengan memahami model-model pembelajaran maka pendidik dapat memilih model pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien.

Learning Resource Center (LRC) sebagai unit yang mewadahi pengembangan pembelajaran, memfasilitasi peningkatan keterampilan dosen dalam mengembangkan dan menerapkan model-model pembelajaran. Sebagai implementasi fungsi tersebut, pada tanggal 09 Maret 2018, Learning Resource Center (LRC) menyelenggarakan Learning Models Training bagi para dosen Ukrida. Adapun pelatihan dibawakan oleh Dr. Muchlas Suseno, M.Pd., Staf Ahli Rektor Universitas Negeri Jakarta. Training berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00, diikuti oleh para dosen dari berbagai program studi di Ukrida. Pada sesi pertama, pembicara memberikan wawasan dan stimulus terkait dengan metode untuk mengaktifkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Berbagai contoh dan metode diberikan pada sesi pertama ini. Sesi kedua dilanjutkan dengan pembahasan Taksonomi Bloom serta penerapannya dalam model-model pembelajaran. Pada akhir sesi, kepada dua orang peserta terbaik diberikan kenang-kenangan berupa buku terkait dengan Learning Models. Training diakhiri dengan foto bersama.

 

Melalui training ini diharapkan para dosen dapat mengembangkan model-model pembelajaran, yang menekankan kepada pembelajaran aktif sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.