APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Closing Wiratha Fest 2023: Terapkan Mindfulness di Kampus

avatar penulis

Kartika Putri

18 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Kristen Maranatha secara resmi menutup proses rangkaian Wiratha Fest 2023 pada Rabu, 8 Mei 2024. Acara penutupan diselenggarakan di Auditorium Prof. Dr. P. A. Surjadi, M.A. UK Maranatha. Closing Wiratha 2023 ini sekaligus menjadi momen penutup berakhirnya program mentoring yang telah berlangsung sejak September 2023 hingga April 2024. Sebanyak 1.262 mahasiswa baru mengikuti kegiatan ini.

Ketua Pelaksana Wiratha Fest 2023, Sylvia, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mau mengambil bagian guna menyukseskan acara Wiratha Fest 2023 dan menyampaikan hasil laporan terkait kegiatan ini. “Acara ini terselenggara berkat kerja keras dan kerja cerdas para panitia dan mentor,” tuturnya.

Sylvia juga menyampaikan, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan Wiratha adalah agar mahasiswa baru dapat lebih memahami dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan sebagai mahasiswa UK Maranatha. Selain itu, Wiratha juga turut memberikan pembekalan melalui mentoring yang dipandu oleh mentor untuk mengajarkan dan membagikan ilmu yang sudah didapatkan tentang manajemen waktu dan uang. Mereka diharapkan dapat mengoptimalkan diri untuk mencapai mimpi. Kegiatan service learning yang telah dilaksanakan juga diharapkan dapat meningkatkan nilai kepedulian dan rasa ingin berbagi.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kemitraan, Dr. Hanny Juliany Dani, S.T., M.T., menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia dan mahasiswa baru yang sudah menyiapkan dan mengikuti kegiatan Wiratha dengan baik. “Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat mengambil nilai-nilai positif dan terus dikembangkan,” ungkap Hanny. Ia juga berpesan agar mahasiswa baru tetap menjaga relasi yang sudah terbentuk sejak Wiratha Fest berlangsung. “Saya sangat mendorong para mahasiswa baru untuk aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Jika kalian sudah mengikuti kegiatan seperti Unit Kegiatan Mahasiswa, jangan sampai prioritas menjadi seorang mahasiswa, yaitu belajar kalian lupakan,” sambungnya.

Acara penutupan dimulai dengan tayangan video kilas balik pelaksanaan Wiratha Fest 2023 dan dilanjutkan dengan sesi Workshop Mindfulness dengan pembicara Mindfulness MBSR-MBTC Teacher, yaitu Hendrick Tanuwidjaja. Dalam materinya, Hendrick menjelaskan apa itu mindfulness dan bagaimana cara melatih mindfulness yang dapat diterapkan oleh mahasiswa yang aktif di dunia kampus. Tidak hanya itu, Hendrick juga memberikan praktik menerapkan mindfulness secara langsung dan diikuti oleh seluruh peserta.

Seluruh kegiatan acara ditutup dengan penampilan perkusi oleh Fakultas Teknik, fashion show oleh Fakultas Hukum, dan dance oleh Fakultas Bisnis, serta pengumuman Best Panitia, Best Service Learning, Best MentorBest Mentee, dan Best Reels Video Journey.

 

Sumber : https://news.maranatha.edu/closing-wiratha-fest-2023-terapkan-mindfulness-di-kampus/