APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Fakultas Hukum ULM Gelar Seminar Bela Negara “Pendidikan Hukum dalam Aktualisasi Bela Negara untuk menghadapi Ancaman hybrida terhadap Indonesia”

avatar penulis

Kartika Putri

6 June 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar Seminar Bela Negara dengan Tema “Pendidikan Hukum dalam Aktualisasi Bela Negara untuk menghadapi Ancaman hybrida terhadap Indonesia” pada Senin (3/6/2024). Acara yang bertempat di Auditorium Prof. Prof. Idham Zarkasy, S.H mengundang narasumber Brigjen TNI Ari Aryanto, S.E., M.I.P selaku DANREM 101/ANTASARI dan Dewanto Wisnu Raharjo, S.H.,M.H selaku Kepala Bidang Intelijen dan penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham. Selain itu, hadir membuka acara, Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Achmad Faishal, S.H., M.H yang juga disaksikan oleh Ketua Program Studi, Dosen serta Mahasiswa Fakultas Hukum ULM.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Achmad Faisal, S.H., M.H menekankan pentingnya pendidikan hukum dan bela negara dalam menghadapi ancaman hybrida yang semakin kompleks di era globalisasi ini. “Pendidikan hukum tidak hanya tentang memahami undang-undang, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat mengaktualisasikan bela negara dalam setiap aspek kehidupan kita untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa,” ujar beliau

Seminar Bela negara ini merupakan kegiatan yang sangat strategis khsususnya bagi mahasiswa Fakultas Hukum ULM mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki tantangan tersendiri dalam mempertahankan kedaulatannya. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi adalah ancaman hybrida, yaitu ancaman yang memadukan antara ancaman militer dan non-militer. Ancaman ini dapat berupa serangan siber, propaganda, hingga perang informasi yang dapat melemahkan stabilitas negara. Dalam menghadapi ancaman ini, pendidikan hukum dan aktualisasi bela negara memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menjadi alat untuk dapat mempertahankan persatuan dan kesatuan Bangsa.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif, di mana peserta seminar mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban langsung dari para narasumber. Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya bela negara dan peran hukum dalam menghadapi ancaman hybrida, serta mendorong generasi muda untuk lebih berpartisipasi aktif dalam upaya bela negara.

Dengan terselenggaranya seminar ini, Fakultas Hukum ULM kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung upaya peningkatan pendidikan hukum dan kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa dan masyarakat luas.

 

Sumber : Berita ULM