APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kunjungan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia, Menambah Daftar Kerjasama ULM dengan Perguruan Tinggi di Malaysia

avatar penulis

Kartika Putri

17 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Kunjungan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia bersama rombongan ke Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan kunjungan yang bertujuan untuk penandatanganan MoU antara ULM dengan Kolej Universiti Agrosains Malaysia dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Kolaborasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang bisa dilakukan oleh kedua pihak yang bekerjasama. Adapun ruang lingkup kerjasama tersebut termasuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pertukaran pelajar dan hal lainnya  yang disepakati bersama.

Acara penandatanganan MoU tersebut dilakukan pada Senin (13/5/2024) di Ruang Rapat Senat lantai 3 Rektorat ULM Banjarmasin. Mewakili Rektor ULM Prof. Dr. Ahmad, SE., M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik ULM Dr. Iwan Aflanie, dr. M.Kes., Sp.F., S.H., hadir menyambut para tamu dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di Malaysia tersebut. Hal ini juga dijelaskan lebih lanjut sebagai bentuk kerjasama yang berkelanjutan dimana ada beberapa univesitas negeri jiran tersebut yang sudah bekerjasama dengan ULM sebelumnya.

“Sebagian bentuk kerjasama sudah jalan. Kemungkinan nanti akan diperkuat dengan pertukaran mahasiswa, membuka kelas bersama pada prodi tertentu, pertukaran dosen maupun profesor dan banyak lagi yang akan dilakukan,” ucap Dr. Iwan.

Kolaborasi ini  juga bak gayung bersambut dengan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia melalui Education Attache Malaysia Zulfadhli yang menyebutkan bahwa ULM merupakan Universitas yang potensial untuk diajak berkolaborasi.

“ULM memang cocok untuk kerjasama dengan perguruan tinggi Malaysia. Dengan Pakar yang ada di ULM, mungkin bisa dikongsikan dengan pakar perguruan tinggi di Malaysia,” ucapnya.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh perwakilan dari 6 universitas malaysia lainnya, yakni Universiti Utara Malaysia, Fame International College, Universiti Poly-Tech Malaysia (UPTM), Management & Science University (MSU), dan Quest International University (QIU). Dr. Iwan berharap dengan kunjungan dari perwakilan 13  Perguruan Tinggi Malaysia ini dapat saling membangun pendidikan bersama khususnya dalam mendidik mahasiswa Malaysia dan Indonesia mengingat ULM memiliki hubungan yang cukup erat dengan Perguruan Tinggi yang ada di Malaysia.

 

Sumber : https://ulm.ac.id/id/2024/05/14/kunjungan-atase-pendidikan-kedutaan-besar-malaysia-menambah-daftar-kerjasama-ulm-dengan-perguruan-tinggi-di-malaysia/