redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

1.350 Atlet Ikuti Lampung International Championship Ke-5

avatar penulis

Azrul Prayoga

18 March 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebanyak 1.350 atlet pencak silat dari seluruh Indonesia siap berlaga di Pencak Silat Open Tournament Lampung International Championship V Piala Kemenpora RI. Kegiatan yang berlangsung 10 Maret hingga 12 Maret 2020 ini dibuka secara resmi tadi malam, Selasa (10/3/2020) di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Lampung (Unila).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Prof. Dr. Yulianto, M.S., memberikan apresiasi dan sambutan hangat atas kehadiran para peserta dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Prof. Dr. Yulianto menyampaikan, seni bela diri pencak silat merupakan seni bela diri tradisional dari kepulauan nusantara.

Setiap daerah memiliki aliran pencak silat yang khas yang menunjukkan bahwa kekayaan budaya masyarakat Indonesia tercantum di dalamnya. Tahun 2017 Pemerintah Republik Indonesia telah mengajukan pencak silat kepada UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda dan Kemanusiaan. Saat ini sudah mendapat pengakuan dunia internasional.

“Even ini tentunya bisa dijadikan sebagai alat pemersatu, sebagai alat mengharumkan bangsa, serta identitas negara,” ujarnya.

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si., M.Kn., Ph.D, usai membuka perlombaan menyampaikan, ajang ini menjadi kegiatan yang harus didukung bukan hanya untuk meningkatkan prestasi para atlet melainkan sebagai kebutuhan agar anak muda terjauh dari hal-hal negatif.

Turut hadir Asdep Orpres Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Dr. Risdiamon Rizal, M.M., Ketua Komisi V DPRD Provinsi Lampung Hi. Yanuar Irawan, S.E., M.M., perwakilan dari Kapolda Lampung AKBP Saragih, perwakilan Kejati Lampung Muhammad Amin, Kabid Prestasi Kadispora Hariyawan, S.E., M.M., dan ketua IPSI Pemprov Lampung Sena Adi Witarta, S.H., M.H.

(unila.ac.id)